Peringati HMPI, Kencana Group Tanam 1.000 Pohon di Kawasan Hutan Arjuno-Welirang

Selasa, 28 November 2023 | 18:44 WIB ET

PASURUAN, kabarbisnis.com: Kencana Group untuk ketiga kalinya bertisipasi dalam gerakan penanaman 1.000 pohon di kawasan kaki Gunung Welirang. Kegiatan ini dilakukan guna memperingati "Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tanggal 28 November.

Kencana Group sebagai pelopor industri baja ringan di Nusantara berkolaborasi dengan Yayasan Grojogan Sewu Pecalukan, Perum Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), serta dibantu influencer dan masyarakat untuk melakukan kegiatan menanam pohon.

Diwakili oleh manajemen, penyerahan 1.000 bibit pohon seperti cemara gunung, cemara pinus, hingga beringin dilakukan secara simbolis pada Sabtu, 25 November 2023 di area Kedai Lalie Djiwo yang juga merupakan titik kumpul awal giat penanaman ini.

Adapun penanaman pohon ini sendiri berlokasi di kaki Gunung Welirang, Semeru, Kecamatan Prigen, Kabupaten pasuruan, Jawa Timur, tepatnya di Petak 53c Perhutani, Perkemahan Kakk Bodo, Prigen. Lokasi ini dipilih guna melakukan reboisasi hutan setelah adanya kebakaran hutan yang melanda Gunung Welirang pada bulan September 2023 lalu.

Founder Kencana Group Rudyanto mengatakan, penanaman pohon ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan, supaya generasi penerus dapat menikmati indahnya alam di Indonesia.

Penyerahan Plakat oleh Founder Kencana Group kepada Pihak Yayasan Grojogan Sewu Pecalukan. "Karena kami berangkat, lahir juga di Indonesia. Kami merasa bertanggung jawab untuk memelihara lingkungan di sekitar kita, khususnya di seluruh Indonesia. Jadi, pada hari ini adalah tahun ke-3 untuk penanaman 1.000 pohon ini. Sudah menjadi komitmen kita,"!terang Rudyanto.

Tak berhenti sampai di sini, Kencana Group berkomitmen untuk terus melakukan penanaman pohon. Bukan hanya untuk menjaga alam tetap lestari, melainkan juga untuk memberikan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan Nasional lainnya.

"Terus ya (dilakukan) karena mungkin barangkali dari perusahaan-perusahaan yang lain supaya juga bisa mengikuti jejak kami agar bumi ini lebih bermanfaat bagi yang tinggal di Indonesia ini," lanjutnya.

Terlebih lagi, mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis, penanaman pohon akan efektif untuk menghijaukan kembali bumi pertiwi ini. "Kami daerah tropis, jadi ya sangat memungkinkan untuk jadi kawasan hijau," pungkas Rudyanto.

Berbeda dari tahun pertama dan kedua, penanaman 1.000 pohon oleh Kencana Group ini juga diiringi dengan kegiatan lain, yaitu mitigasi sungai. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk mencegah banjir saat hujan melanda.kbc4

Bagikan artikel ini: