Pemerintah Godok Aturan HPP di E-commerce

Selasa, 28 November 2023 | 16:02 WIB ET
Menkop UKM Teten Masduki
Menkop UKM Teten Masduki

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, pemerintah Indonesia tengah merumuskan konsep aturan harga pokok produksi (HPP) di e-commerce. Saat ini pembahasannya telah disetujui dalam rapat tingkat menteri.

Adapun, Teten berencana mencontoh aturan yang diterapkan China dalam mengatur pasar digitalnya. China diketahui melarang penjualan barang di e-commerce dengan harga di bawah harga pokok produksi (HPP) untuk mencegah aksi dumping dan predatory pricing. "Di rapat Menko ya prinsipnya sudah disetujui," ujar Teten di Jakarta, Selasa (28/11/2024).

Aturan HPP direncanakan masuk dalam revisi Permendag No. 31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Namun, Teten menyebut pembahasan lebih lanjut baru bisa dilakukan usai evaluasi Permendag No.31/2023 dalam beberapa bulan mendatang.

Aturan HPP direncanakan masuk dalam revisi Permendag No.31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Namun, Teten menyebut pembahasan lebih lanjut baru bisa dilakukan usai evaluasi Permendag No. 31/2023 dalam beberapa bulan mendatang.

"Jadi kita tunggu 2 bulan lagi, tapi itu harus. Kalau kita melihat bagaimana China menjaga jangan sampai pasar digital mereka didominasi sama satu platform, mereka menerapkan aturannya," jelas Teten.

Namun, belum bisa dipastikan apakah aturan HPP akan berlaku untuk semua barang di e-commerce atau hanya produk kategori tertentu. Teten mengatakan, bakal segera bertemu dengan para asosiasi untuk untuk berdiskusi lebih lanjut.

Dia pun optimistis Indonesia bisa menerapkan aturan HPP di e-commerce seperti yang China lakukan. "Saya akan bicara dengan asosiasi, misalnya tekstil, garmen, elektronik, mereka harus punya HPP," katanya. kbc11

Bagikan artikel ini: