AAUI Komitmen Bantu Tingkatkan Literasi Asuransi Masyarakat

Sabtu, 25 November 2023 | 22:34 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Surabaya berkomitmen ikut meningkatkan literasi keuangan masyarkat Indonesia. Langkah ini dilakukan karena literasi asuransi masyarakat masih sangat rendah.

Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Cabang Surabaya, Adi Maryadi mengatakan, jika AQ mengacu kepada literasi dan inklusi pada hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada tahun 2022, maka literasi dan inklusi pada sektor keuangan masih perlu ditingkatkan untuk asuransi mengimbangi level Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang lain.

"Walaupun mengalami pertumbuhan sejak dua periode, hal ini sejalan dengan tingkat penetrasi dan densitas yang masih perlu pencapaian lebih tinggi di Indonesia," kata Adi Maryadi di Surabaya, Jumat (11/25/2023).

Ia menegaskan bahwa masih rendahnya tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya berasuransi memang masih menjadi tantangan yang utama.

"Menjadi tugas kami untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Perusahaan Asuransi agar Asuransi dapat memasyarakat serta dirasakan kebutuhannya dan menjadikan perlindungan bagi semua kalangan masyarakat," ujarnya.

Ketua Panitia Hari Asuransi 2023 Surabaya Ari Susanto menyampaikan bahwa memperkenalkan dan memasyarakatkan Hari Asuransi merupakan sebuah tantangan. Hal itulah yang menjadi perhatian dan fokus dari Panitia Hari Asuransi.kbc4

Bagikan artikel ini: