Pengoperasian PLTS Atap 3,5 MWp Berpotensi Pangkas 3 Ribu Ton Emisi

Kamis, 23 November 2023 | 07:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kemitraan strategis antara PT Investasi Hijau Selaras dan PLN Icon Plus diwujudkan dengan membangun instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas 3,5 MegaWatt peak (MWp) untuk kebutuhan PT CJ Feed and Care Indonesia, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang bergerak di bidang industri pakan ternak.

PLTS Atap yang menghasilkan energi bersih sebesar 3,5 MWp atau setara kebutuhan listrik sekitar 2.000 rumah tangga itu akan tersebar di empat lokasi, yakni Serang (Banten), Lampung, Semarang (Jawa Tengah) dan Jombang (Jawa Timur).

"Solusi energi hijau ini akan membantu PT CJ Feed and Care Indonesia dalam menggunakan energi hijau yang berkontribusi secara signifikan pada pengurangan emisi karbon. Dalam satu tahun, PLTS Atap ini diperkirakan dapat mengurangi emisi karbon (CO2) sebesar sekitar 3.000 ton, setara dengan penanaman sekitar 60.000 pohon," ujar Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi, dikutip dari keterangan resmi acara Ground Breaking Ceremony PLTS Atap di Serang, Banten, Selasa (21/11/2023).

Direktur Utama PT Investasi Hijau Selaras Victor Samuel mengatakan, proses konstruksi PLTS Atap di empat lokasi membutuhkan waktu enam bulan dan diharapkan sudah dapat beriperasi menghasilkan energi hijau pada pertengahan 2024.

"Kami akan terus meningkatkan kolaborasi kemitraan bersama PLN Icon Plus dalam mengoptimalkan penggunaan energi hijau di Indonesia, dan kami berharap kolaborasi kemitraan bersama PLN Icon Plus untuk pemanfaatan energi baru dan terbarukan dapat terus ditingkatkan," kata Victor.

Direktur PT. CJ Feed and Care Indonesia Han Se Yoon menyampaikan terima kasih atas upaya mewujudkan PLTS Atap di perusahaannya. "Kami mendukung penggunaan energi hijau di Indonesia dengan hadirnya PLTS Atap. Terima kasih atas kerjasamanya PLN Icon Plus untuk mewujudkan energi bersih di lingkungan perusahaan kami, terutama dalam penerapan ESG sesuai Paris Agreement," tutur Yoon.

Seiring perkembangan penggunaan energi hijau di sektor industri, diharapkan Indonesia dapat mengurangi ketergantungan pada energi fosil, mengurangi emisi karbon, serta memperkuat ketahanan energi nasional.

 

PLN Icon Plus pun berkomitmen mendukung transformasi energi di Indonesia menuju penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan yang mengacu pada penerapan Environment, Social and Governance (ESG).

"Dalam rangka penerapan ESG menuju transisi energi dan untuk mencapai target penggunaan energi bersih di Indonesia, PLN Icon Plus berfokus pada pemanfaatan sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya, yang bisa diolah menjadi listrik tanpa emisi karbon," tambah Ari. kbc11

Bagikan artikel ini: