Citilink Siapkan 200 Extra Flight pada Libur Nataru

Sabtu, 18 November 2023 | 07:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maskapai penerbangan Citilink Indonesia menyiapkan sekitar 200 jadwal penerbangan tambahan (extra flight) selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Direktur Utama Citilink, Kadek Rai, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan operasional selama periode libur Nataru. Hal ini seiring dengan proyeksi pertumbuhan penumpang yang dapat mencapai 25% dibandingkan dengan libur Nataru tahun lalu.

"Jumlah penumpang selama periode Nataru tahun ini diprediksi mengalami kenaikan sebesar 15%-25% jika dibandingkan dengan periode Nataru tahun lalu," kata Kadek seperti dikutip, Jumat (17/11/2023).

Seiring dengan hal tersebut, Citilink telah menyiapkan sekitar 200 extra flight untuk periode Nataru. Dewa mengatakan, penambahan penerbangan akan dilakukan pada rute di kota-kota besar seperti Manado, Pekanbaru, Medan, dan kota-kota lainnya. Meski demikian, jumlah penerbangan tambahan tersebut juga masih dapat bertambah.

Dewa menuturkan, Citilink akan terus memantau perkembangan ke depannya untuk dapat menyediakan penerbangan yang dapat mengakomodir kebutuhan mobilisasi masyarakat selama periode Nataru. Dia melanjutkan, Citilink telah menyiapkan sebanyak 44 armada pesawat untuk mendukung mobilitas masyarakat selama masa libur Nataru.

Sebelumnya, induk usaha Citilink, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) memprediksi adanya kenaikan jumlah penumpang setidaknya sekitar 30% pada masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan pihaknya melihat adanya kenaikan permintaan selama masa angkutan Nataru 2024. Seiring dengan hal tersebut, GIAA memproyeksikan pertumbuhan penumpang hingga mencapai 30% selama masa angkutan Nataru 2024.

"Biasanya sih akan naik 20%-30% dibandingkan Nataru sebelumnya," kata Irfan.

Adapun, seiring dengan potensi pertumbuhan tersebut, Garuda Indonesia juga telah menyiapkan penambahan frekuensi penerbangan pada beberapa destinasi. Meski demikian, dirinya belum memperinci secara detail rute mana yang akan ditambah frekuensi penerbangannya. kbc10

Bagikan artikel ini: