TikTok Dekati Perusahaan E-Commerce RI

Selasa, 14 November 2023 | 19:11 WIB ET
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkap platform media sosial TikTok tengah menjalin pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan e-commerce Indonesia terkait peluang kemitraan.

Hal ini terjadi sebulan usai pemerintah melarang TikTok berjualan dan melakukan transaksi melalui TikTok Shop. Teten menyebut TikTok telah berhubungan dengan lima perusahaan, termasuk unit e-commerce GoTo Tokopedia, Bukalapak.com, dan Blibli.

"Beberapa perusahaan e-commerce di Indonesia telah berbicara dengan TikTok," ungkap Teten dalam sebuah wawancara, Senin (13/11/2023), dilansir dari Reuters.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melarang TikTok menjadi platform berjualan dengan tujuan melindungi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan memastikan perlindungan data para pengguna. Hal ini merupakan tantangan besar bagi TikTok, yang terpaksa menutup layanan e-commerce-nya, TikTok Shop. TikTok diketahui memiliki 125 juta pengguna di Indonesia.

Reuters mencoba mengkonfirmasi pernyataan dari Teten tersebut, tetapi juru bicara TikTok Indonesia tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar. Pihak Tokopedia juga menolak berkomentar.

Sementara perwakilan Bukalapak mengatakan perusahaannya tidak mengetahui pembicaraan tersebut. Kemudian, Blibli tidak menanggapi permintaan untuk memberikan komentar. kbc11

Bagikan artikel ini: