PGA ITS Jatim Bakal Bawa Jotosen Jadi Agenda Turnamen Golf Tahunan

Minggu, 12 November 2023 | 18:26 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Turnamen golf dengan tema Jotosen (Junior to Senior) yang digelar Persatuan Golf Alumni ITS (PGA ITS) Jatim sukses digelar selama 5 hari berturut-turut pada 8-12 November 2023. Rencananya, turnamen guna menyambut Dies Natalis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ke-63 tahun ini akan menjadi agenda tahunan.

Ketua Panitia Golf Turnamen Dies Natalis ITS 63 th, Totok Dwi Hariyono mengatakan, selama lima hari gelaran turnamen dan puncaknya pada Minggu (12/11/2023) di dua lapangan yakni Bukit Darmo Golf dan Golf Graha Famili Surabaya berjalan lancar.

"Hari ini hari terakhir ada sebanyak 294 peserta dengan dua lapangan yang masing-masing 9 hole. Ternyata antusiasme para peserta sangat luar biasa. Makanya tidak menutup kemungkinan turnamen ini akan digelar rutin tahunan," paparnya di Bukit Darmo Golf Surabaya, Minggu (12/11/2023).

Menurut Totok, digelarnya turnamen tersebut selain untuk menyambut Dies Natalis ITS juga bertujuan menjalin silaturahmi antar alumni ITS dan alumni perguruan tinggi di Indonesia dan golfer. Selain itu, dengan tema Jotosen, pihaknya ingin berkontribusi terhadap munculnya atlet yunior, sehingga akan terus berkembang ke depannya.

"Sedangkan dalam artian bahasa Jawa, Jotosen itu bisa diartikan "pukullah dengan baik dan benar", dalam arti memukul bola dan fokus," tuturnya.

Pada turnamen itu sendiri terdapat tujuh kategori turnamen yang dilombakan, yakni Junior, Amatir untuk Atlet, Antar alumni Perguruan Tinggi (Individu), Antar alumni Perguruan Tinggi (Tim), Peserta umum, Antar alumni Teknik Kimia antar Perguruan Tinggi se-Indonesia (BKKPII), dan Antar Jurusan Alumni ITS (Rektor Cup).

Ketua PGA ITS, Widodo Santoso menjelaskan, pelaksanaan kegiatan golf turnamen tahun ini merupakan turnamen golf terbesar dan paling spektakuler dari tahun-tahun sebelumnya.

'Mengapa demikian, karena pelaksanaan golf turnamen tahun ini menggunakan dua lapangan sekaligus, yakni Bukit Darmo Golf dan Golf Graha Famili Surabaya. Dan yang paling spektakuler, pelaksanaan turnamen akan berlangsung selama 5 hari berturut-turut, yakni pada 8-12 November 2023," katanya.

Dijelaskannya, PGA ITS selama ini komitmen dalam pengembangan olahraga golf, khususnya bagi atlet junior. Secara total, lanjut dia, saat ini jumlah anggota aktif PGA ITS sekitar 400 orang. Mereka tersebar di sejumlah kota, seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan sebagainya.

"PGA ITS Jatim selama ini sangat terlibat dalam pengembangan atlet junior. Dan PGA ITS Jatim ingin memberikan kontribusi untuk PGI Jatim dan PGI Nasional dalam hal pembinaan atlet-atlet junior. Kita harapkan dari turnamen ini akan lahir atlet-atlet golf kaliber nasional dan internasional," ujar Widodo.

Terkait hadiah turnamen, Totok menambahkan, peserta yang mampu Hole in One di tanggal 12 November akan mendapat uang tunai senilai total Rp 1 miliar dan emas total 1 kg.

"Kami berharap support dan antusiasme dari para golfer di acara Dies Natalies 63 th ini. Yang terpenting, PGA ITS Jatim dan alumni ITS ingin berkontribusi dalam pengembangkan olahraga golf di Indonesia khususnya di Jawa Timur, seperti sudah diresmikannya UKM Golf ITS pada Oktober lalu," tandasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: