Hidup Lagi Capek-capeknya, Karyawan TikTok Terancam Potong Gaji hingga PHK

Rabu, 1 November 2023 | 10:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: TikTok dikabarkan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya. Petinggi platform disebut bakal sengaja memberikan penilaian rendah terhadap para karyawan.

Dilansir dari Tech in Asia, Rabu (1/11/2023, TikTok telah meminta para manajernya untuk memberikan penilaian rendah kepada para staf mereka. Penilaian ini berkaitan dengan kinerja dan menjadi sinyal akan adanya PHK.

Perusahaan tersebut mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa langkah tersebut dilakukan untuk memberikan penilaian kinerja yang adil dan seimbang di seluruh tenaga kerja globalnya yang berjumlah lebih dari 130 ribu karyawan.

Belum jelas berapa banyak staf yang akan terdampak pada penilaian tersebut. Namun, beberapa karyawan khawatir hal ini dapat menyebabkan PHK atau pengurangan gaji.

Sebelumnya, langkah seperti ini juga terjadi di Meta. Mereka juga memberikan penilaian kinerja yang rendah kepada para staf sebelum mengumumkan PHK yang berdampak pada 10 ribu orang.

Laporan tersebut juga mengumumkan bahwa perusahaan induk TikTok, ByteDance, menerapkan strategi yang sama pada Lark, aplikasi komunikasi milik ByteDance. kbc10

Bagikan artikel ini: