Pemerintah Bahas Pengembangan Taman Nasional di IKN dengan Tony Blair

Selasa, 24 Oktober 2023 | 08:27 WIB ET
Suharso Monoarfa
Suharso Monoarfa

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair untuk membahas potensi kerja sama dalam pengembangan kota di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satu konsep pengembangan kota yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut adalah Taman Nusantara.

"Taman ini nantinya akan menjadi tempat konservasi dan pelestarian flora dan fauna lokal serta seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi canggih untuk menampilkan beragam habitat di satu kota," kata Suharso dikutip dari keterangan resminya, Senin (23/10/2023).

Suharso menjelaskan, hal tersebut akan diwujudkan sebagai representasi dari keanekaragaman hayati dan kekayaan budaya Indonesia, yang disajikan dalam konteks modern untuk menjadi ikon nasional yang patut dicontoh oleh kota-kota lain.

Lebih lanjut Suharso menerangkan, taman semacam ini akan menjadi penelitian dan ilmu pengetahuan tentang kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia dan berkontribusi pada komunitas internasional.

"Pengembangan taman sangat penting untuk mengatasi isu perubahan iklim di Kalimantan, tempat di mana IKN berada. Pulau ini dikenal sebagai pulau yang memiliki banyak hutan peranti yang penting dalam menyerap emisi gas rumah kaca serta penting bagi kelangsungan hidup manusia," ujarnya.

Namun dalam mengembangkan IKN, Suharso menekankan perlunya kajian secara matang agar keberadaan taman atau kebun tersebut dapat dirasakan manfaatnya secara optimal bukan hanya untuk tanaman hijau namun bagi ekosistem dan pengelolaan udara.

"Kami meyakini keberadaan kota spons diharapkan dapat menciptakan kawasan perkotaan dengan sistem perairan yang melingkari dan berperan seperti spons yang menyerap air hujan, menyaringnya secara alami, dan membuang udara tersebut ke bendungan, saluran air, dan akuifer," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: