KCIC Patok Harga Tiket Kereta Cepat Rp600 Ribu buat Para Bos

Senin, 23 Oktober 2023 | 13:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh diketahui bisa mencapai Rp600 ribu.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi pun tidak menampik bahwa harga tiket Kereta Cepat Whoos mencapai Rp600 ribu. Namun, harga tiket sebesar itu adalah untuk first class dan menyasar kalangan menengah ke atas.

"Kalau Rp600.000 kelas first class ya, kan kita nyasarnya juga bos-bos kan. Bos-bos memang mikir akses? Mikir waktu. Ini kan sebagian ngomong ke saya ya. Pak, saya sudah nyoba 3-4 kali kereta cepat nih. Kemarin naik mobil 3,5 jam. Jet lag katanya," jelas Dwiyana baru-baru ini.

Dia juga mengatakan bahwa dengan keunggulan kecepatan dan ketetapan waktu yang diberikan kereta cepat. Maka transportasi ini akan menjadi keinginan untuk para kalangan menengah atas menggunakan kereta cepat.

Adapun tarif tersebut saat ini belum dikeluarkan oleh PT KCIC selaku operator. Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi atau akrab disapa Edo, mengatakan bahwa pihaknya akan menerapkan tarif dinamis. Hal ini lantaran kereta cepat merupakan kereta komersial. Namun dirinya memastikan akan ada tarif batas atas.

Dia menambahkan bahwa adanya transportasi ini akan menjadi keinginan untuk para kalangan menengah atas, terutama dengan keunggulan kecepatan dan ketetapan waktu yang diberikan kereta cepat.

"Masalah kecepatan itu penting. Itu namanya membuat mereka tergantung sama kita. Yang semula kebutuhan jadi bergeser keinginan," kata Edo.

Selain itu, PT KCIC memberlakukan tarif promo tiket Kereta Cepat Whoosh sebesar Rp150.0000 untuk kelas premium economy melalui aplikasi Whoosh.

Promo tersebut diberikan untuk keberangkatan 18 hingga 30 November 2023. Adapun tarif Rp150.000 untuk semua rute serta mendapatkan gratis KA Feeder dari dan menuju Stasiun Bandung.

Edo mengatakan bahwa promo ini dihadirkan sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mengurangi kemacetan dan polusi sebagai dampak tingginya penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya.

Promo tersebut juga diberikan dalam rangka HUT KCIC yang ke-8 yang jatuh pada 16 Oktober 2023 serta mendorong penggunaan aplikasi mobile untuk pemesanan tiket khususnya Whoosh Kereta Cepat. kbc10

Bagikan artikel ini: