Pemerintah Pede Perputaran Uang di MotoGP Mandalika 2023 Tembus Rp4,5 Triliun

Kamis, 5 Oktober 2023 | 07:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Gelaran balap motor internasional MotoGP bakal digelar di sirkuit Mandalika Indonesia pada 13-15 Oktober 2023 mendatang. Pemerintah pun menargetkan ada perputaran uang bisa mencapai minimal Rp4,5 triliun selama acara berlangsung.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo menilai, gelaran MotoGP tersebut bisa turut mendongkrak Mandalika sebagai salah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) yang dicanangkan pemerintah.

"Bagi Kemenparekraf, event ini penting sekali. Tahun lalu, kita bilang itu event late recovery. Tahun ini kita bicara event late accelerator, bagaimana event ini bisa meningkatkan pencapaian Indonesia," ujar Angela seperti dikutip, Rabu (4/10/2023).

Menurut dia, ajang balap motor kelas dunia itu bakal turut memberikan efek rambatan atau multiplier effect bagi masyarakat hingga pelaku UMKM.

Khususnya yang bergerak di sektor pariwisata, mulai dari pengelola hotel, restoran, hingga penjual cindera mata.

"Tentunya kami berharap pencapaian tahun lalu Rp4,5 triliun. Kami harapkan tahun ini setidaknya sama, atau bahkan lebih, bisa berkontribusi pada pariwisata Indonesia dan bagi pencapaian target pariwisata," kata dia.

"Tahun ini kita ada target 8,5 juta wisatawan mancanegara dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara," sambungnya.

Senada, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo berharap PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) bisa turut memanfaatkan MotoGP Mandalika 2023 untuk menjadikan Mandalika sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

"Kita harapkan event ini akan menjadi katalis untuk bisa membangun tourism destinasi yang terbaik di Mandalika dalam hal sport tourism. Dan tentunya memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat NTB," ungkap Tiko, sapaan akrabnya.

Tak hanya Lombok, dia berharap ajang MotoGP 2023 juga bisa menularkan gairah berwisata kepada turis asing untuk lanjut berlibur di tempat lain di Indonesia.

"Kita juga November akan mengadakan event aquabike di Samosir, dan akan ada series sport event yang akan membangun Indonesia sebagai salah satu global sport tourism destinasion. Termasuk Indonesia arena di GBK yang baru ini diharapkan menjadi katalis untuk menjadi sport tourism destination besar Indonesia," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: