Lindungi Keluarga dari Kemiskinan saat Ditinggal Mati, Prudential rilis PRUAnugerah Syariah

Sabtu, 2 September 2023 | 07:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan PRUAnugerah Syariah, produk baru asuransi jiwa Syariah tradisional dengan perlindungan jiwa seumur hidup sebagai bentuk warisan bermakna bagi keluarga. Produk ini merupakan inovasi pertama di industri dari Prudential Syariah sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa Syariah yang menyediakan manfaat dana usia mapan dan dibayarkan sekaligus saat peserta mencapai usia tertentu.

Chief Financial Officer Prudential Syariah Paul S. Kartono mengatakan, Asuransi jiwa Syariah merupakan salah satu instrumen keuangan yang dapat digunakan sebagai persiapan warisan. Melalui PRUAnugerah Syariah, peserta mendapatkan Santunan Asuransi hingga 150% sejak awal kepesertaan.

"Produk ini juga menawarkan Dana Usia Mapan hingga 100% dari total kontribusi yang dibayarkan oleh peserta. Hal ini menjadi komitmen kami untuk terus menyediakan kebutuhan finansial jangka panjang, demi membantu keluarga Indonesia meraih yang terbaik dalam kehidupan," ujar Paul S. Kartono di Surabaya, Jumat (1/9/3033⁷

Kesadaran masyarakat Indonesia dalam merencanakan keuangan dinilai masih rendah. Hasil Survei menunjukkan masyarakat Indonesia belum memulai perencanaan keuangan pada usia 35 tahun dan baru memulai perencanaan pensiun di usia 41 tahun. Bahkan, berdasarkan data OJK, hanya 5,25% dari responden yang yakin mampu mengelola keuangannya setelah masa pensiun. Kesiapan dalam perencanaan keuangan juga perlu didukung oleh tingkat literasi dan inklusi yang baik.

Hasil temuan menarik juga terlihat dari ketahanan dana darurat yang dimiliki orang Indonesia. Survei menyatakan hanya 9% masyarakat Indonesia yang bisa bertahan lebih dari enam bulan jika kehilangan pendapatan dan mengandalkan dana darurat, sedangkan 46% hanya memiliki 1 minggu untuk bertahan hidup. Keadaan ini memperlihatkan jika masyarakat Indonesia membutuhkan perencanaan keuangan yang lebih matang dan berkelanjutan.

PRUAnugerah Syariah hadir sebagai solusi yang membantu mempersiapkan tujuan keuangan jangka panjang sesuai kebutuhan bagi keluarga, seperti dana warisan maupun dana pensiun. Hanya dengan kontribusi mulai dari Rp500 ribu per bulan, produk ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas.

Sementara di Jawa Timur, berdasarkan laporan OJK, indeks literasi dan inklusi keuangan Syariah masyarakat Jawa Timur mencapai 28,27% dan 23,56%. Namun, pendapatan perkapita penduduk Jawa Timur tahun 2022 hanya sebesar Rp66,4 juta, masih di bawah rata-rata pendapatan penduduk Indonesia sebesar Rp71 juta. Lebih jauh, menurut Badan Pusat Statistik Provinsi (BPS) Jawa Timur, angka harapan hidup menurut gender pada 2021 menunjukan bahwa umur harapan hidup perempuan dan laki-laki di Jawa Timur mencapai sekitar 73 dan 69 tahun. Sehingga, hal ini berdampak pada angka rasio ketergantungan yakni sebesar 42,59% di tahun yang sama. Artinya, setiap 100 penduduk usia produktif menanggung sekitar 43 orang penduduk usia tidak produktif.

8 Anugerah dari PRUAnugerah Syariah antara lain:

● Manfaat Dana Usia Mapan yang diproyeksikan hingga 100% dari total Kontribusi

yang telah dibayarkan oleh peserta*. Dengan dana ini, Peserta Yang Diasuransikan

dapat tetap memenuhi kebutuhan keluarga, menyiapkan masa pensiun, dan

membantu mewujudkan gaya hidup yang ingin dicapai

● Santunan Asuransi hingga 150% sejak awal kepesertaan. Manfaat ini dapat

digunakan sebagai warisan jika terjadi risiko meninggal dunia

● Perlindungan seumur hidup (hingga 120 tahun) meskipun manfaat dana usia

mapan telah dibayarkan*

● Santunan Meninggal Akibat Kecelakaan hingga 350%* jika terjadi kecelakaan

dalam Periode Libur Lebaran Idulfitri, Umrah dan Haji

● Manfaat Bebas Kontribusi apabila peserta yang diasuransikan terdiagnosis satu

dari 60 penyakit kritis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis.

● Fleksibilitas Pilihan Pembayaran

Pilihan periode pembayaran 5, 10, atau 15 tahun, untuk mempersiapkan dana warisan dan perencanaan finansial dalam masa produktif ● Hemat kontribusi hingga 50%

● Tersedia Layanan Wakaf, sebagian manfaat santunan asuransi dapat diwakafkan (maksimal 45% dari total santunan asuransi dan maksimal 33% dari Manfaat Dana Usia Mapan) untuk mencapai hidup yang lebih berkah.

Dengan memiliki produk asuransi Syariah yang dijalankan sesuai dengan prinsip Syariah, peserta akan mendapatkan informasi secara transparan terkait pengelolaan dana sejak awal kepesertaan. Dalam asuransi Syariah, kontribusi dari peserta akan dialokasikan menjadi tiga, pertama porsi dana tabarru’ yaitu dana tolong-menolong antar sesama peserta. Kedua, porsi nilai tunai untuk membayarkan Dana Usia Mapan kepada peserta. Dan ke-tiga, porsi ujrah yaitu imbalan yang dibayarkan oleh Pemegang Polis kepada Pengelola sehubungan dengan pengelolaan suatu produk asuransi.

"Kami berkomitmen ingin memperluas akses kemerdekaan finansial kepada masyarakat indonesia melalui inovasi PRUAnugerah Syariah. Kami akan terus mengutamakan kebutuhan peserta, membantu mereka mempersiapkan anugerah terindah untuk keluarga dan mewujudkan hidup yang lebih sehat dan sejahtera," tutup Paul.kbc4

Bagikan artikel ini: