Covid-19 Varian Eris Sudah Masuk Indonesia, Yuk Kenali Gejalanya!

Kamis, 10 Agustus 2023 | 09:44 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Kesehatan (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa varian baru Covid-19, Omicron EG.5.1 alias Eris sudah masuk Indonesia sejak sekitar Juni 2023 lalu.

"Varian baru tersebut memang sudah ada di Indonesia. Sudah dari dua bulan lalu," ungkap Budi seperti dikutip, Rabu (9/8/2023).

Meskipun saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan varian Eris sebagai sebagai variant under monitoring (VUM) atau varian yang diawasi, Budi mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dan tidak khawatir.

"Iya, enggak perlu khawatir," kata Budi.

Sebelumnya, Covid-19 varian Eris dilaporkan sudah mendominasi 20 persen dari sekuen yang ada di Asia, 10 persen sekuen di Eropa, dan 7 persen sekuen di Amerika Utara.

Covid-19 varian Eris memiliki gejala yang tidak banyak berbeda dari subvarian Omicron lainnya. Berikut gejalanya:

- Pilek

- Sakit Kepala

- Kelelahan ringan hingga berat

- Bersin

- Sakit tenggorokan

Salah satu negara yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 akibat Eris adalah Inggris. Melansir dari Daily Mail, salah satu faktornya adalah libur musim panas serta perilisan film Barbie dan Oppenheimer. Kedua film yang dirilis bersamaan pada akhir Juli tersebut menimbulkan banyak kerumunan, terutama di bioskop.

"Kami terus memonitor jumlah kenaikan kasus pada minggu ini. Kami memang melihat ada peningkatan pasien di rumah sakit, terutama di kalangan pasien berusia lanjut," swbut kepala imunisasi Inggris UKHSA, Dr Mary Ramsay. kbc10

Bagikan artikel ini: