111 Anak Bangsa Adu Ide dan Inovasi di Ajang AHM Best Student Tingkat Regional Jatim dan NTT

Senin, 7 Agustus 2023 | 14:54 WIB ET
Suasana seleksi AHMBS 2023 tingkat regional Jatim & NTT di MPM Learning Centre Sedati, Sidoarjo, Senin (7/8/2023).
Suasana seleksi AHMBS 2023 tingkat regional Jatim & NTT di MPM Learning Centre Sedati, Sidoarjo, Senin (7/8/2023).

SIDOARJO, kabarbisnis.com: PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar ajang untuk menggali ide dan inovasi anak bangsa melalui AHM Best Student (AHMBS) dengan tema "Gen Z Kuat, Indonesia Hebat".

Untuk tingkat regional Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT), PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) menggelar seleksi yang diikuti oleh sebanyak 111 siswa dari 52 sekolah.

Peserta merupakan siswa-siswi sederajat SMA dengan tahun ajaran 2022-2023. Mereka telah mengirimkan karya-karya dengan beragam ide yang menarik dan inovatif dengan mengangkat isu ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG's).

Setelah melalui proses seleksi yang ketat oleh juri, 13 karya finalis telah terpilih. Para finalis ini akan melaju ke babak presentasi di seleksi AHMBS 2023 tingkat regional Jatim & NTT yang digelar selama 2 hari, yakni pada 7 - 8 Agustus 2023. Para finalis yang berasal dari 12 sekolah bersemangat dan antusias mempresentasikan karyanya di hadapan juri yang dilakukan secara daring.

Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim, Vinensia Kenanga mengatakan, dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mengajak generasi muda dalam mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini.

"Mereka telah menunjukkan potensi besar dalam menghasilkan ide-ide kreatif dan solusi untuk permasalahan yang dihadapi wilayahnya masing-masing. Kompetisi ini telah menciptakan ruang bagi mereka untuk berbagi pandangan dan inspirasi dalam melalui karya yang memikat brilian yang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," kata Vinensia di sela acara seleksi AHMBS 2023 tingkat regional Jatim & NTT di MPM Learning Centre Sedati, Sidoarjo, Senin (7/8/2023).

Dikatakan Vinensia, AHMBS telah memasukin gelaran ke-21, dimana AHMBS 2023 digelar dengan menyajikan dua kategori perlombaan, yakni kategori ide dan kategori invensi.

Kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype, belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum. Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype.

Sementara itu pada kategori Invensi, para siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat. Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyakarat berupa produk atau jasa.

"Cerminan untuk fokus ke SDG's itu mulai kental dalam 2-3 tahun terakhir, dan kami sangat senang bahwa dari tahun ke tahun jumlah peserta di Jatim terus meningkat. Peningkatan ini tak lepas dari gencarnya tim kami dalam bersosialisasi ke sekolah-sekolah, selain juga memang minat para peserta yang terus mempersiapkan diri dengan ide dan inovasinya tiap tahun," jelas Vinensia.

Ditambahkannya, karya para Gen Z ini dikurasi melalui seleksi berjenjang hingga 6 tahapan. Seleksi dimulai dengan seleksi administrasi dilanjutkan bertarung di tingkat regional hingga nasional melalui makalah dan presentasi.

"Kami juga lakukan pendampingan kepada para pemenang yang akan bertarung ke tingkat nasional, terutama terkait teknik presentasi dan penajaman karya mereka. Bekal ini tentu sangat berarti bagi mereka baik saat mengikuti ajang ini maupun jangka panjangnya," ujarnya.

Kegiatan penjurian AHMBS dilakukan pada periode 1 April - 29 Juli 2023, selanjutnya dipilih 13 karya yang mengikuti seleksi presentasi. Dan 4 peserta, 2 karya terbaik kategori Ide dan 2 karya terbaik kategori Invensi akan mengikuti seleksi tingkat nasional pada September dan oktober 2023.

MPM Honda Jatim menyediakan hadiah pembinaan atau beasiswa kepada 4 pemenang terbaik tingkat regional swnilai total Rp 10 juta.

"Kami bersyukur selama dua tahun berturut-turut lalu peserta asal Jawa Timur berhasil menjadi juara 1 tingkat nasional. Kami berharap tahun ini peserta dari Jatim bisa mempertahankan juara tersebut," pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: