Perjalanan Diperlonggar, Penumpang Kereta Jarak Jauh Naik 53 Persen di Semester I

Jum'at, 21 Juli 2023 | 01:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat volume penumpang kereta api jarak jauh pada semester I/2023 mencapai 19 juta penumpang atau naik 53 persen dibandingkan semester I/2022 yang sebanyak 12,5 juta pelanggan.

Kenaikan tersebut ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19 dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal 2023.

"Kinerja angkutan penumpang KAI pada semester I/2023 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan makin meningkatnya mobilitas dan antusiasme masyarakat terhadap angkutan kereta api," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari keterangannya, Kamis (20/7/2023).

KAI mencatat pada periode semester I/2023, terdapat perubahan grafik perjalanan kereta api (Gapeka), tepatnya mulai 1 Juni 2023. Dengan adanya perubahan Gapeka tersebut, waktu perjalanan kereta api semakin singkat dan sebagian kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan.

"Contoh kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng-Bandung yang perjalanannya lebih singkat 72 menit, dari sebelumnya 12 jam 15 menit menjadi 11 jam 3 menit. Ada juga KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng yang perjalanannya lebih singkat 61 menit, dari sebelumnya 11 jam 31 menit menjadi 10 jam 30 menit," kata Joni.

Seperti diketahui, mulai 1 Juni 2023 pula, KAI menambah lima kereta api baru, yaitu KA Pandalungan relasi Gambir-Jember pp, KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp, KA Argo Merbabu relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng pp, KA Manahan Gambir-Solo Balapan pp, dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solo Balapan pp.

Selain itu, untuk meningkatkan animo masyarakat menggunakan kereta api, KAI juga secara rutin menyelenggarakan promo tiket kereta api murah serta hadiah-hadiah menarik.

Joni bilang, selain penawaran tiket dengan tarif promo di periode tersebut, KAI juga memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mendapatkan hadiah tiket kereta api gratis, menginap di hotel gratis hingga hadiah umrah gratis. Program-program tersebut telah KAI sosialisasikan melalui media massa dan media sosial KAI.

KAI juga mengungkapkan satu catatan penting lainnya pada semester I/2023, yaitu adanya perubahan syarat menggunakan kereta api. Mulai 12 Juni 2023, pelanggan kereta api jarak jauh dan kereta api lokal diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19. kbc10

Bagikan artikel ini: