Pelindo Petikemas Gandeng BSI Mudahkan Pembayaran Jasa Kepelabuhanan

Selasa, 18 Juli 2023 | 14:49 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Operator layanan jasa kepelabuhanan PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk memberikan layanan jasa perbankan bagi pengguna jasa perusahaan.

Adapun layanan yang disiapkan SPTP dan BSI meliputi penerimaan pembayaran melalui sistem autocollection, penerimaan pembayaran menggunakan mekanisme billing payment melalui layanan BSI pembayaran institusi (BPI), dan layanan transaksi pengeluaran untuk dana milik SPTP.

Seluruh layanan tersebut disiapkan PT Pelindo Terminal Petikemas untuk kemudahan pengguna jasa dalam melakukan pembayaran layanan jasa kepelabuhanan.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan dengan layanan yang disiapkan nantinya pengguna jasa tidak perlu melakukan pembayaran jasa kepelabuhanan secara manual. Seluruh proses pembayaran akan dilakukan dengan pemindahbukuan secara langsung oleh SPTP. Nantinya, antara SPTP dan BSI akan terhubung secara langsung secara host to host untuk melakukan sejumlah layanan perbankan bagi pengguna jasa.

"Tentu hal ini dapat dilakukan dengan sejumlah persyaratan, salah satunya adalah SPTP sudah memperoleh surat kuasa dari pengguna jasa untuk melakukan sistem autocollection dalam pembayaran jasa kepelabuhanan," kata Widyaswendra, Selasa (18/7/2023).

Disebutkan juga dalam proses pemindahbukuan dari rekening pengguna jasa ke rekening SPTP, pihak BSI juga akan melakukan sejumlah verifikasi sesuai dengan dokumen yang dipersyaratkan. Selain itu, pengguna jasa juga akan memperoleh laporan atas sejumlah kegiatan layanan jasa perbankan yang dilakukan oleh SPTP.

"Transparansi dan integritas menjadi prinsip dalam layanan yang disiapkan antara SPTP dan BSI bagi pengguna jasa," lanjutnya.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan kerjasama dengan PT Pelindo Terminal Petikemas merupakan bentuk kolaborasi antar grup BUMN untuk meningkatkan layanan melalui sistem yang terintegrasi. Pihaknya juga akan terus mendukung Pelindo Grup dalam memberikan kemudahan bertransaksi bagi pengguna jasa layanan kepelabuhanan. BSI sendiri saat mengelola lebih dari separuh payroll karyawan Pelindo Group yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh PT Pelindo Terminal Petikemas atas jasa perbankan bagi para pengguna jasa. Kami ijin untuk menjajaki peluang bisnis yang ada di Pelindo," kata Ngatari.kbc6

Bagikan artikel ini: