Curi Perhatian Anak Muda, Segmen Classy Yamaha Sukses Jadi Trendsetter

Jum'at, 30 Juni 2023 | 22:09 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Yamaha terus menghadirkan inovasi untuk mewarnai pasar sepeda motor Indonesia, salah satunya melalui kategori Classy Yamaha. Membawa konsep sepeda motor yang mendukung karakter, gaya hidup dan fashion berkendara ternyata disambut positif oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kehadiran produk Classy Yamaha sebagai trendsetter skutik modern semakin terbukti, dimulai dari kehadiran Yamaha Fazzio Hybrid -Connected yang diluncurkan sejak awal tahun 2022. Kemudian semakin lengkap dengan hadirnya Yamaha Grand Filano Hybrid - Connected di awal tahun 2023.

Sebagai pilihan produk fashionable dan berkelas dengan banyak keunggulan mulai dari desain modern, teknologi terbaru Blue Core Hybrid, fitur canggih Y-connect dan beragam fitur yang mendukung kepraktisan, skutik Yamaha Grand Filano Hybrid - Connected sebagai skutik memenuhi gaya hidup pengendara semakin berkelas ternyata mampu mencuri perhatian konsumen khususnya generasi muda yang ingin naik ke tingkatan gaya hidup lebih tinggi bersama Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected.

Cukup pintar memang jika Yamaha membidik segmen anak muda. Berdasar hasil Sensus Penduduk 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total seluruh populasi penduduk di Indonesia. Sementara itu, jumlah penduduk paling dominan kedua berasal dari generasi milenial sebanyak 69,38 juta jiwa penduduk atau sebesar 25,87 persen.

Generasi Z sendiri merujuk pada penduduk yang lahir di periode kurun waktu tahun 1997-2012 atau berusia antara 8 sampai 23 tahun. Sementara generasi milenial adalah mereka yang lahir pada kurun waktu 1981-1996 atau berusia antara 24 sampai 39 tahun. Kemudian, disusul, generasi X atau mereka yang lahir antara 1965-1980 dengan populasi sebanyak 21,88 persen.

Salah seorang pemilik Yamaha Grand Filano Hybrid - Connected di Surabaya, Rudiansyah mengaku kepincut motor tersebut sejak diluncurkan pertama kali secara nasional.

"Bagi saya motor Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected memang keren dan banyak keunggulannya. Mulai dari desainnya yang futuristik, fashionable, moderen, dan berkelas sehingga sangat sesuai dengan konsep Yamaha Grand Filano Hybrid Connected sebagai bagian dari Classy Yamaha," katanya.

Diakuinya, bagian dari motor ini yang paling disukainya adalah desain speedometer digital dengan TFT Sub Display pertama kali di motor 125 cc jadi berkelas banget, lalu desain spion model chrome jadi menambah kesan mewah dan bisa bikin inspirasi desain sepeda motor lebih berkelas. Digadang sebagai the next level of fashion, konsep desain mewah dan elegan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected terinspirasi dari fashion trend dunia, sehingga cocok untuk pengendara yang mengutamakan gaya berkelas sekaligus ingin memiliki tingkatan gaya hidup lebih tinggi saat mengendarai sepeda motor.

Didukung digital speedometer yang menggunakan TFT Sub Display sekaligus menjadi yang pertama dikelasnya sehingga membuat tampilan digital speedometer semakin informatif dengan tampilan berwarna serta adanya animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, dan Power Assist Indicator.

Tampilannya semakin mewah dengan diperkuat pencahayaan yang semakin terang karena seluruh lampu Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected sudah menggunakan LED, ditambah bentuk lampu depan menyerupai berlian atau Diamond sehingga terlihat lebih mewah, serta sudah memiliki lampu LED pada bagasi motor yang membantu penerangan pengendara saat membuka bagasi.

Keunggulan desain berkelas Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected juga diakui mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya ini, yang menyatakan bahwa keunggulan teknologi dan fitur yang mendukung kepraktisan dan menawarkan kenyamanan bagi pengendaranya sehingga menjadi daya tarik motor Classy Yamaha ini.

"Untuk motor dengan desain mewah dan elegan ini harganya terjangkau, ditambah motor Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected juga punya bagasi yang luas jadi bikin pengendara nyaman karena kepraktisannya menampung banyak baraang bawaan saat berkendara sepeda motor. Dengan semua keunggulan itu motor ini worth it untuk dibeli dan dimiliki," ungkap Rudiansyah.

Menjadi the next level of technology dengan menggunakan mesin Blue Core Hybrid 125 cc, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected semakin canggih dengan teknologi Communication Control Unit (CCU), mampu menghubungkan sepeda motor dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect sehingga mendukung generasi masa kini untuk always on.

Dibalik tampilan mewah dan teknologi canggih yang membuat Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected tampil berkelas, motor ini juga menjadi the next level of practicality yang mampu mendukung kepraktisan hingga kenyamanan pengendara khususnya yang memiliki mobilitas tinggi.

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected sebagai fashion skuter matik masa kini dengan kapasitas bagasi 27 L yang terbesar di kelasnya, sehingga dapat menampung barang bawaan lebih banyak seperti baju ganti atau fashion item yang mendukung pengendara tetap tampil stylish dan nyaman saat berkendara.

Kenyamanan pengendara juga didukung fitur Smart Front Refuel sehingga pengisian bahan bakar lebih praktis tanpa membuka jok. Dengan seluruh keunggulannya, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menjadi sepeda motor yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya generasi muda masa kini yang aktif dan mengutamakan gaya.

Deputy Director Sales & Marketing PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), Rifany Widjaja mengungkapkan, penjualan motor segmen Classy, baik itu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected terus mengalami peningkatan.

"Kita optimis target yang kita tetapkan dapat tercapai, dengan target pasar hampir sebagian besar anak muda," ujarnya.

Memang diakuinya penjualan motor Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected sempat tidak menjanjikan di awal tahun 2023. Namun penyebabnya bukan karena motornya yang tidak menarik, tapi lebih dikarenakan stoknya yang terbatas, sementara permintaan sangatlah besar dari konsumen.

"Namun sekarang masalah itu sudah selesai. Kedua unit ini ready untuk masyarakat," tambahnya.

Manager Promosi Yamaha STSJ, William Saputra menambahkan, untuk bisa mendorong banyak anak muda mengetahui produk Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected, pihaknya gencar melakukan berbagai kegiatan pameran dan sosialisasi ke komunitas untuk bisa merasakan performa dan kenyamanan serta fitur-fitur unggulan motor andalan Classy Yamaha tersebut. kbc7

Bagikan artikel ini: