Astragraphia Xprins Gencar Edukasi Teknologi 3D Print ke Milenial

Selasa, 6 Juni 2023 | 21:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI), entitas anak PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) menampilkan karya-karya cetakan tiga dimensi (3D printing) terbaik bagi para siswa-siswi SMK dan Vokasi se-Jakarta di Mbloc Space Jakarta.

"Kegiatan ini adalah bentuk salah satu kepedulian Astragraphia Xprins Indonesia untuk mencoba melakukan edukasi dan juga mendorong teman-teman generasi muda untuk bisa mempelajari printing 3 dimensi," kata Direktur PT Astragraphia Xprin Indonesia, K. Teguh Santoso dalam acara puncak 3D Print Fest di Mbloc Jakarta, Selasa (6/05/2023).

Menurut Teguh, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan mendorong generasi muda untuk melakukan pemanfaatan terhadap teknologi 3D printing untuk dapat berinovasi dalam industri pendidikan.

"AXI berharap kegiatan ini dapat menciptakan awareness dan memunculkan semangat berbagai pihak untuk mewujudkan pasar 3D printing yang lebih besar lagi dan dapat bermanfaat bagi setiap lapisan masyarakat baik dari sektor personal, komersial, dan industri," jelasnya.

Dalam 3D Print Fest dilakukan rangkaian acara edukasi 3D printing kepada siswa-siswi kejuruan baik SMK maupun vokasi yang meliputi kegiatan pelatihan dan workshop teknologi 3D printing yang meliputi pembuatan ide produk, pengerjaan 3D modeling, printing, hingga product finishing, penjurian kompetisi, fun games, serta pameran karya terbaik 3D printing dan 3D printer Creality yang dipasarkan oleh AXI.

"AXI berkomitmen mengembangkan ekosistem 3D printing di Indonesia dan membuka pintu kolaborasi seluas-luasnya bagi seluruh stakeholder baik pemerintah, pelaku usaha, asosiasi, dan publik secara luas. Ke depannya, AXI berupaya menjadi Center of Excellence di dalam ekosistem 3D printing," ujarnya.

Dalam penyelenggaraan 3D printing ini, AXI bersama dengan berbagai mitra strategis dalam menyukseskan rangkaian kegiatan 3D printing fest seperti Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dealer resmi 3D printing AXI 3D Zaiku, asosiasi Printridi dan Evolusi 3D, institusi pendidikan Astratech, serta M Bloc Space dan M Bloc Xperience.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, Diding Wahyudi mengatakan bahwa pengaplikasian 3D printing ini akan mampu menjadi tren positif untuk kemajuan berbagai industri di Tanah Air. "Kehadiran teknologi 3D printing dapat memotivasi para siswa SMK untuk berkarya, serta dapat memberikan nilai tambah khsuusnya untuk keterampilan baru bagi mereka agar semakin siap dalam berkompetisi di dunia kerja dari berbagai industri. Kami mengapresiasi rangkaian kegiatan 3D print fest yang AXI selenggarakan karena hal ini bermanfaat bagi dunia pendidikan dan semoga kegiatan ini dapat diadakan secara berkelanjutan," kata Diding.

AXI mendukung keberlanjutan bisnis untuk menjadi perusahaan yang lebih tangguh dan berkelanjutan. Salah satunya dengan berperan aktif dalam melakukan eksplorasi dan menangkap peluang inisiatif bisnis baru AXI seperti 3D Printing.kbc11

Bagikan artikel ini: