Ini Alasan Pemerintah Libatkan Swasta Bangun Jalan Tol

Selasa, 30 Mei 2023 | 17:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mengejar pembangunan infrastruktur jalan tol, karena merupakan urat nadi sebuah perekonomian. Pembangunan infrastruktur bukan lagi hanya lewat kantong APBN, swasta pun dilibatkan dalam pembangunan jalan tol.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja mengatakan, masuknya swasta dalam proyek-proyek jalan tol bertujuan agar pemerintah pusat memiliki cadangan uang untuk menangani jalan-jalan luar pulau.

"Dengan kita serahkan ke investor, kita punya uang cadangan lebih untuk mengurusi jalan-jalan di luar Jawa, kalau tidak habis uang kita di situ," ujar Endra seperti dikutip, Selasa (30/5/2023).

Sedangkan proyek-proyek tol yang ada di Pulau Jawa bisa diusahakan kepada swasta karena pertimbangan trafik yang juga bisa menguntungkan. Harapannya jalan di daerah atau pelosok yang kurang menguntungkan bisa ditangani oleh pemerintah.

"Ini yang secara ekonomi rate of return tinggi, trafik bagus, ya udah swasta saja (yang membangun) toh asetnya juga punya pemerintah," sambungnya.

Lebih lanjut, Endra menjelaskan, di samping untuk mengatasi kemacetan, kehadiran jalan tol juga sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Dengan biaya logistik yang tidak terlalu tinggi masyarakat bisa lebih mudah untuk memasarkan produknya lebih luas.

"Kalau kita tidak lakukan apa-apa, membiarkan masyarakat sengsara dengan kemacetan tanpa ada solusi, itu pemerintah salah," kata Endra.

"Kita melakukan penambahan kapasitas lewat tol, supaya masyarakat punya pilihan. Kalau dia mau pakai jalan biasa ya tidak apa-apa, mau pakai kereta tidak apa-apa, tapi pemerintah harus kasih pilihan," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: