BFI Finance pastikan data nasabah aman usai alami peretasan

Kamis, 25 Mei 2023 | 07:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) mengakui telah mengalami serangan siber. Meski begitu, manajemen BFI Finance memastikan data nasabah tetap aman atau tidak bocor, setidaknya sampai saat ini.

Finance Director and Corporate Secretary Sudjono mengatakan, perusahaan telah melakukan tindakan untuk merespons peretasan tersebut. Dalam hal ini, beberapa sistem utama diisolasi untuk sementara waktu demi mengurangi potensi terjadinya kebocoran data.

"Kami juga telah menggunakan cyber security consultant untuk membantu kami menangani situasi ini. Sejauh ini belum ada indikasi bocor. Kami terus monitor," ungkap Sudjono seperti dikutip, Rabu (24/5/2023).

Serangan siber yang dialami BFI Finance tersebut diumumkan melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, 24 Mei 2023 pukul 16.04 WIB.

Dalam keterangannya, Sudjono menjelaskan, peretasan telah terjadi sejak Minggu, 21 Mei 2023. Artinya, reaksi perusahaan dalam menangani serangan siber ini telah berlangsung sekitar empat hari.

Sebagai antisipasi, kata dia, perseroan telah melakukan temporary switch off beberapa sistem utama yang menyebabkan terganggunya layanan kepada konsumen dan sebagian kegiatan operasional perseroan.

"Perseroan telah melakukan berbagai langkah penangan sesuai protokol penangan dan dilanjutkan dengan upaya pemulihan layanan kepada konsumen dan kegiatan operasional perseroan secara bertahap," ungkap Sudjono. kbc10

Bagikan artikel ini: