Ini strategi PTPN Group genjot kinerja hingga target go global

Rabu, 24 Mei 2023 | 08:36 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PTPN Group berupaya untuk menyukseskan berbagai program perusahaan. Salah satunya sosialisasi program kerja Sub Holding PTPN Group dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) PTPN Group 2023 yang digelar beberapa hari lalu.

Kegiatan bertema "Plantation and Transformation - Regroup to Boost Sustainable Growth" tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansyuri, Kementerian Bidang Perkebunan, Asdep Kementerian Bidang Perkebunan, SEVP Holding, Dewan Komisaris dan seluruh anak perusahaan PTPN Group.

Direktur PTPN XI, Tulus Pandu Widjaja mengatakan, rapat koordinasi bertujuan untuk membahas keberlangsungan kinerja PTPN group sekaligus sosialisasi program kerja Sub Holding PTPN yang terdiri dari Sugar Co, Palm Co dan Supporting Co.

Hal ini sejalan dengan penggabungan PTPN Group dalam percepatan peningkatan kinerja untuk melakukan inovasi demi mendukung ketahanan pangan dan energi nasional. Sekaligus menjadi harapan, bahwa PTPN dapat menjadi perusahaan yang berkelanjutan dan go global.

"Rangkaian Rapat Koordinasi juga turut membahas Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) tahun 2023 - 2027 pasca integrasi," ujar Tulus Pandu Widjaja dalam keterangan tertulis, Surabaya, Selasa (23/5/2023).

Di tempat yang sama, Ketua Tim Transisi Supporting Co, Jatmiko Krisna Santosa menjelaskan, Supporting Co yang dikerjakan dengan effort tinggi memiliki prinsip menciptakan nilai minimun investmen tetapi menghasilkan maksimal return.

"Dalam hal pembibitan, pembibitan tebu dan kopi menjadi salah satu potensi yang harus segera dikerjakan karena memiliki queen money," ujar dia.

Melalui kegiatan Rakor PTPN Group 2023 pula, diketahui bahwa kinerja PTPN Group selama dua tahun terakhir telah menunjukkan terealisasinya transformasi di tubuh perusahaan. Hal ini diharapkan akan terus berjalan dalam rangka mencapai visi perusahaan menjadi "Global Player".

Tidak hanya itu, PTPN XI mendapatkan total tujuh penghargaan. Dalam kategori Pabrik Gula (PG) terbaik, PTPN XI meraih dua penghargaan yaitu Juara 1 untuk PG Djatiroto dan Juara 3 untuk PG Wonolangan.

Selanjutnya dalam kategori Kebun Tebu Terbaik, mendapat total tiga penghargaan yaitu juara 1 untuk PG Semboro, juara 2 untuk PG Asembagaoes dan juara 5 untuk PG Djatiroto. Dua penghargaan lainnya berhasil PTPN XI peroleh dalam Liga PTPN Awards 2023 sebagai Juara 2 Operational Excellence Tebu Terbaik, dan Juara 1 Terefisien.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan arahan umum pemegang saham Kementerian BUMN. "Melalui Rakor PTPN Group 2023 dan seluruh penghargaan yang PTPN XI telah peroleh tentu menjadi bekal sekaligus api semangat bagi perusahaan dalam menghadapi transformasi bisnis ke depan. Sehingga perusahaan dapat terus memberikan kontribusi positif bagi ketahanan pangan dan energi nasional," pungkas Tulus.kbc6

Bagikan artikel ini: