Halal Supply Chain, upaya angkat produk RI ke pasar global

Rabu, 17 Mei 2023 | 18:01 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Laboratorium Logistik dan Supply Chain Management Departemen Teknik Sistem dan Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyelenggarakan Logistics and Supply Chain Camp (LSCAMP) pada 30-31 Mei 2023.

Ketua Panitia Penyelenggara, Ghina Dzakira Aqilah mengatakan, LSCAMP pada tahun 2023 ini akan membahas isu yang menarik yaitu tentang produk halal dari kacamata rantai pasok.

Dia menegaskan, industri halal di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah juga telah membuat berbagai kebijakan untuk mendukung perkembangan industri ini. Hal tersebut juga memicu perkembangan di dunia logistik dan transportasi berbasis halal yang tentunya melibatkan berbagai stakeholder pada berbagai aktivitas seperti distribusi, transportasi, dan penyimpanan.

"Ini dimaksudkan untuk memastikan produk tetap halal sepanjang rantai pasokan. Namun pada kenyataannya, tidak banyak orang yang memahami cara mengelola dan memanfaatkan peluang-peluang ini. Isu inilah yang menjadi latar belakang penyelenggaraan kegiatan LSCAMP 2023 dengan tema Halal Supply Chain: Driving Indonesian Products to Global Halal Market," ujar Ghina Dzakira Aqilah di Surabaya, Rabu (17/5/2023).

Melalui kegiatan ini, dia berharap peserta mendapatkan informasi dan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses dan peluang bisnis rantai pasokan berbasis halal.

"Hari pertama LSCAMP 2023 adalah seminar yang mengupas tuntas tentang Halal supply Chain dengan menghadirkan para akademisi dan praktisi di bidangnya," tambahnya.

Pada hari kedua dilakukan kunjungan ke PT Phalosari Unggul Jaya di Jombang (rumah pemotongan ayam dan bebek modern) dan PT Yakult Indonesia Persada di Mojokerto.

Dengan kunjungan ini, harapannya peserta dapat menyaksikan secara langsung praktik pemotongan hewan sebagai sebuah titik kritis halal. kbc6

Bagikan artikel ini: