Agenda tahunan! Tradisi Petik Tebu Manten jadi wisata budaya Lumajang

Rabu, 10 Mei 2023 | 08:40 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Xl melakukan tradisi petik tebu manten. Tempatnya, di kebun Australia, Sukosari Timur, Lumajang , Sabtu (6/5/2023). Kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan pariwisata di kabupaten Lumajang.

Dalam pelaksanaannya, PTPN XI berkolaborasi bersama event Loemadjang Mbiyen untuk menggelar kegiatan tersebut pada tanggal 6-7 Mei 2023. Turut hadir yakni Bupati Lumajang Thoriqul Haq, dan wakilnya Indah Amperawati.

Thariq mengatakan, prosesi petik tebu manten diawali dengan kedatangan sepasang manten atau mempelai laki-laki yang dinamai Raden Bagus Rosan dan perempuan yang dinamai Dyah Ayu Roro Manis sebagai simbol dari tebu yang dinikahkan.

"Maka dari itu, tahun ini kami satukan konsepnya antara Loemadjang Mbiyen dengan petik tebu manten PTPN XI," ungkap Thoriq, panggilan akrab Thoriqul Haq.

Di tempat yang sama, PTPN XI yang diwakili oleh manajer kebun, Teguh Mulyanto mengatakan, petik tebu manten merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan dalam rangka mengungkapkan rasa syukur. Kegiatan ini kemudian dimanfaatkan sebagai promosi pariwisata daerah.

"Kami berharap penggilingan tebu ini selesai akhir Oktober 2023. Dan menghasilkan gula yang manis serta melimpah," ujar dia.

Jumlah tebu yang akan digiling diperkirakan sebanyak 794 ribu ton dengan produksi 85 ton per hektar. Tebu ini berasal dari 7 kebun yakni Madiun Raya, Probolinggo dan Pasuruan, Lumajang HGU, Lumajang HGU dan IPL, Jember, Situbondo dan Bondowoso, dan Banyuwangi.

Juga, lanjutnya, diharapkan dapat mendukung swasembada gula nasional yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) melalui Pembentukkan Supporting Co.

Sebagai informasi, Supporting Co adalah subholding yang akan mengelola macam komoditas yang selama ini ada di PTPN, di luar sawit dan gula.

Ke depannya, Supporting Co akan menjadi perusahaan pengelola aset perkebunan unggul, yang mencakup kegiatan pemanfaatan aset perkebunan melalui optimalisasi, pengelolaan tanaman perkebunan serta bentuk diversifikasi usaha lainnya yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan.kbc6

Bagikan artikel ini: