Program mudik Lebaran, Kementerian BUMN siapkan 65.603 kursi gratis

Selasa, 14 Maret 2023 | 16:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana meluncurkan program mudik gratis bersama BUMN untuk Lebaran 2023 pada, Rabu (15/3/2023). Bersama 24 BUMN, disiapkan kuota untuk 65.603 pemudik yang akan diberangkatkan melalui bus, kereta api, dan kapal laut.

Erick menerangkan, program mudik gratis bersama BUMN bertujuan membantu masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halamannya. Dengan begitu mereka bisa mudik Labaran dengan nyaman dan aman.

"Melalui mudik bersama BUMN, kami mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum yang memenuhi standar keselamatan untuk mudik," kata Erick dalam keterangan resminya, Selasa (14/3/2023).

Kemenhub Menteri BUMN menyampaikan program mudik gratis bersama yang digelar puluhan BUMN akan diberangkatkan dari berbagai titik-titik, baik di terminal, stasiun, maupun pelabuhan. "Program mudik bersama juga akan mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan para pemudik di jalan raya," kata Erick.

Erick menerangkan, program mudik gratis bersama BUMN tahun ini dipimpin PT Jasa Raharja. Armada bus dari Jakarta akan diberangkatkan pada 18 April dari Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Sedangkan, untuk moda transportasi kereta api, akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada 15 dan 16 April 2023.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini untuk bisa mudik dengan aman dan nyaman bersama keluarga tercinta," pungkasnya.

Sementara itu, selain BUMN, berbagai instansi dan pemerintah daerah juga sudah mulai mengumumkan informasi terkait program mudik gratis untuk Lebaran 2023. Tak hanya untuk orang, mudik gratis juga diadakan untuk mengangkut kendaraan seperti sepeda motor.kbc11

Bagikan artikel ini: