16 Februari, batas waktu BULOG tuntaskan impor beras

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memberikan batas waktu kepada Perum BULOG untuk menyelesaikan impor beras sebanyak 500.000 ton hingga 16 Februari 2023 mendatang.

Hal tersebut dilakukan agar impor beras tersebut tidak menganggu harga panen gabah petani mulai Maret mendatang.

"BULOG mengatakan 16 Februari terakhir, tidak apa apa, habis itu kita minta BULOG menyetoknya dan dikirim ke daerah-daerah untuk operasi pasar," kata Zulkifli di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Pihaknya berharap, memasuki periode Februari Bulog sudah mulai fokus untuk menyerap beras produksi dari petani. "Akhir Februari dan Maret panen raya dan saatnya Bulog membeli itu yang bagus dari petani," kata dia.

Di kesempatan berbeda, Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso menyampaikan, sebanyak 178.000 ton beras impor sudah masuk ke gudang-gudang BULOG. Impor tersebut masih bagian dari kloter pertama sebanyak 200 ribu ton yang didatangkan dari Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Pakistan.

"Sisanya masih belum bongkar di pelabuhan dan dalam perjalanan (menuju Indonesia)," kata Buwas, sapaan akrab Budi Waseso.

Buwas menerangkan, adapun impor beras kloter kedua sebanyak 300.000 ton seluruhnya dalam proses perjalanan. Namun, kemungkinan baru akan tiba di Indonesia pada Februari mendatang.Ia memastikan impor akan selesai pada bulan depan.

Adapun hingga saat ini, total cadangan beras yang dikuasai BULOG sebesar 742,6 ribu ton. Ini termasuk 500.000 ton beras impor yang masih dalam proses perjalanan maupun telah tiba di gudang BULOG.kbc11

Bagikan artikel ini: