PLTU dipensiunkan, negara G7 komitmen investasi program transisi energi Rp310 triliun

Selasa, 15 November 2022 | 19:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kelompok negara maju yang tergabung dalam Grup 7 serta Denmark dan Norwegia menyatakan komitmennya untuk berinvestasi pada  program transisi energi di Indonesia mencapai US$20 miliar atau setara Rp 310 triliun. Investasi tersebut rencananya direalisasikan dalam 3-5 tahun ke depan.

"Aliansi Keuangan Glasgow untuk Net Zero (GFANZ) yang diketuai bersama oleh teman saya, Mike Bloomberg, bersama-sama kami berharap untuk memobilisasi US$20 miliar, mendukung upaya Indonesia mengurangi emisi, energi terbarukan, hingga  mendukung pekerja yang paling efektif yang paling terpengaruh oleh transisi dari batu bara," kata Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam keterangan persnya setelah KTT G20 hari pertama, Selasa (15/11/2022).

Nilai komitmen tersebut, menurut Biden, belum termasuk komitmen untuk investasi sebesar US$798 juta atau setara Rp 12,4 triliun untuk pembangun transportasi yang resilien terhadap perubahan iklim dan mendukung tujuan pembangunan Indonesia.

Indonesia sebelumnya memang mengincar pendanaan untuk proyek transisi energi melalui program pendanaan kemetiran transisi energi yang adil atau Just Energy and Transition Partnership (JETP). Ini merupakan bagian dari program kelompok negara mitra internasional atau International Partners Group (IPG) yang dipimpin Inggris.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, Indonesia berkomitmen terhadap perekonomian rendah karbon dengan mendorong transisi energi. Namun, menurut dia, upaya ini tidak boleh mengorbankan pembangunan ekonomi.

"Kemitraan ini mendukung target ambius Indonesia untuk mencapai perubahan iklim dan investasi terkait dengan mitra-mitra internasional, termasuk dengan memobilisasi US$20 miliar selama sekitar 3-5 tahun," kata dia.

Luhut mengatakan, pihaknya akan membahas teknis terkait pendanaan baru ini dalam enam bulan ke depan. Pemerintah sendiri berencana untuk mempensiunkan PLTU lebih awal sebesar 5,2 gigawatt. Pendanaan ini akan membantu target tersebut.

Climat Counselor of The Secretary at US Department of The Treasury John Morton menjelaskan, pengumuman Biden terkait komitmen pendanaan JETP dan peluncuran energy transition mechanisme atau ETM country platform menunjukkan komitmen Indonesia untuk mengakselerasi transisi energi. "Amerika Serikat dan Jepang akan menjadi partner melalui peluncurkan Just Energy and Transition Partnership," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: