Bank Jatim raih penghargaan CNBC Indonesia Awards 2022

Kamis, 10 November 2022 | 08:22 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Performa PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) terus mendapat pengakuan banyak pihak. Kali ini, bankjatim berhasil menorehkan prestasi sebagai The Most Efficient in Banking Operation for Big Regional Bank Category dalam ajang CNBC Indonesia Awards 2022 : The Best Regional Banks.

Mengusung tema "Ekonomi RI Melejit, BPD Siap Pacu Bisnis", ajang yang diselenggarakan oleh CNBC Indonesia secara hybrid ini dihadiri oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman secara virtual, pada Rabu (9/11/2022).

Pencapaian ini diraih karena bankjatim dinilai memiliki keunggulan dalam hal operational efficiency jika dibandingkan dengan peers pada kategori big regional bank. Hal tersebut tercermin dari rata-rata rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) bankjatim yang berada pada angka 72,64% sejak 2017-2021. Sedangkan rata-rata peers berada di angka 77.74%. Bahkan setiap tahunnya, rasio BOPO bankjatim selalu lebih rendah dari rata-rata peers. Sehingga wajar jika laba bersih bankjatim mampu tumbuh 7,1% secara CAGR 2017-2021.

"bankjatim terus menunjukkan performa dan kinerja yang terus meningkat. Hal tersebut tentunya sejalan dengan transformasi dan berbagai inovasi yang terus kami lakukan agar bankjatim semakin kompetitif di era digital. Berbagai langkah dan usaha kami lakukan guna mempermudah pemenuhan kebutuhan masyarakat sebagai stakeholder loyal bankjatim," jelas Busrul.

Pada kesempatan tersebut, Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel memberikan selamat atas pencapaian yang berhasil diraih oleh bankjatim. Anugerah yang diberikan oleh CNBC Indonesia ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap gemilangnya kinerja bankjatim.

"Atas nama CNBC Indonesia kami mengucapkan selamat atas diperolehnya penghargaan ini, semoga menjadi penyemangat bagi bankjatim. Maju terus untuk bankjatim," ucap Wahyu.

Busrul Iman mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas raihan ini. Pencapaian tersebut merupakan wujud nyata dimana bankjatim senantiasa memberikan upaya terbaik demi terciptanya optimalisasi kinerja.

"Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada bankjatim dari CNBC Indonesia. Penghargaan ini tentunya menjadi hal yang positif bagi bankjatim. Kami menjadi semakin optimis dalam menghadapi situasi industri perbankan kedepan, dibawah tekanan ekonomi baik lokal maupun global. Kami juga berterimakasih kepada seluruh stakeholder atas besarnya dukungan yang diberikan. bankjatim siap berkontribusi untuk perbaikan ekonomi nasional," jelas Busrul.

Penghargaan ini juga dinilai sebagai bentuk apresiasi objektif yang diberikan pihak eksternal terhadap kualitas dan kredibilitas usaha bankjatim. Prestasi tersebut semakin terasa berbobot lantaran berhasil dicapai bankjatim di tengah iklim kompetisi usaha yang semakin ketat. Sebagai gambaran, bankjatim berhasil mencatatkan kenaikan Laba Bersih sebesar 1,51% (YoY) atau sebesar Rp. 1,20 Triliun per September 2022. Pertumbuhan Laba Bersih tersebut disokong oleh capaian luar biasa di sektor penyaluran kredit yang tumbuh secara sebesar 6,83% (YoY). Pertumbuhan penyaluran kredit bankjatim juga diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman dimana rasio Loan At Risk (LAR) yang menurun pada di angka 5,76% serta rasio Non Performing Loan (NPL) Gross juga ikut melandai hingga angka 3,72% (YoY). Penurunan rasio NPL dan LAR tersebut mengindikasikan semakin sehatnya kualitas kredit bankjatim.

Guna meningkatkan layanan transaksi keuangan, bankjatim telah menyematkan fasilitas BI-FAST pada fitur JConnect Mobile bankjatim. Melalui BI-FAST, sobat bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, yaitu sebesar Rp. 2.500 dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000 per transaksi. Penggunaan BI-FAST saat ini dapat dilakukan melalui JConnect Mobile bankjatim dengan aman karena telah dilengkapi fitur fraud detection dan AML/CFT. Sehingga nasabah tidak perlu was-was dalam penggunaannya. Fitur JConnect Mobile bankjatim juga menawarkan berbagai kemudahan transaksi keuangan, mulai dari pembelian pulsa, pengisian OVO atau Gopay, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, pembayaran pajak kendaraan bermotor, pembelian tiket pesawat dan kereta serta banyak lagi yang lainnya. kbc7

Bagikan artikel ini: