Permudah pelanggan, Astra Financial terus berinovasi di ekosistem digital

Sabtu, 17 September 2022 | 07:17 WIB ET
Dari kiri: Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur, Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya, Irwan Raharjo selaku Kawil TAF, dan Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra.
Dari kiri: Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur, Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya, Irwan Raharjo selaku Kawil TAF, dan Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Astra Financial terus berupaya untuk mengembangkan layanannya melalui sejumlah inovasi digital. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen dan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang sudah serba digital. Kini, seluruh unit bisnis Astra Financial memiliki inovasinya masing-masing dalam pengembangan layanan digital.

Hal itu terungkap dalam acara "Astra Financial Talk" bersama media sebagai bagian dari rangkaian kegiatan GIIAS Surabaya 2022 yang berlangsung pada 14-18 September 2022.

Diskusi yang berlangsung di Grand Dafam Signature Hotel Surabaya, Jumat (16/9/2022) tersebut menghadirkan Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur, Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya, Irwan Raharjo selaku Kawil TAF, dan Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra.

Keempat narasumber ini membahas mengenai perkembangan bisnis pembiayaan dan asuransi, khususnya di wilayah Jawa Timur, serta perannya dalam mendukung industri otomotif.

Selain itu, mereka juga menjabarkan fitur unggulan terkait layanan digital di masing-masing unit bisnis, khususnya dalam mendukung industri otomotif di Tanah Air, salah satunya melalui GIIAS 2022.

Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur, Dwi Tjahjono mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa digitalisasi telah menjadi kebutuhan dewasa ini. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses kerja dan kontrol yang pada gilirannya untuk layanan konsumen.

"Inovasi digital yang dikembangkan oleh PT FIF mengacu kepada setiap proses bisnis berdasarkan perspektif customer journey, mulai dari proses sales, order, akuisisi kredit, penyaluran pembiayaan, manajemen akun/kontrak, hingga proses collateral dalam penyimpanan jaminan kontrak kredit," katanya.

Ditambahkan Dwi, perekonomian yang membaik telah mendukung pergerakan berbagai sektor ekonomi termasuk industri pembiayaan otomotif. Secara nasional, penyaluran pembiayaan FIF di semester I/2022 tumbuh 5,6 persen secara year to date. Dengan kinerja itu pihaknya optimis di akhir tahun nanti pertumbuhannya bisa naik di kisaran 7-10 persen.

"Hasil itu tidak terlepas dari strategi manajemen dengan menghadirkan beragam inovasi digital yang terus ditingkatkan demi memberikan pelayanan kepada seluruh customer. Memang di semester I lalu ada kendala kelangkaan chip semikonduktor pada kendaraan bermotor. Namun saat ini pasokan sudah lancar," ungkap Dwi.

Terkait pengembangan bisnis, Dwi mengungkapkan bahwa FIFGROUP baru saja mengembangkan produk Finatra, yakni bisnis pembiayaan UMKM. Ini melengkapi produk pembiayaan yang sudah ada, yakni pembiayaan motor baru, multiguna, Spektra, serta umrah.

Branch Manager Astra Credit Companies (ACC) Surabaya, Vieky Afrian menuturkan, seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan, pihaknya terus melakukan inovasi digitalisasi. Apalagi kaum milenial saat ini yang cenderung memilih semua hal bisa dilakukan dari gadget. Untuk memudahkan customer mendapatkan pembiayaan dengan meluncurkan aplikasi mobile ACCYes!, ACC ONE, serta ACC ONE On The Web.

"Kami ada aplikasi ACC ONE, dimana konsumen bisa menemukan beragam kebutuhan otomotif dalam 1 jenis platform yang saling terintegrasi. Mulai dari pengajuan, layanan informasi, dan terintegrasi ke Dispendukcapil. Hanya dari KTP saja bisa dilihat pengajuan ini layak disetujui atau tidak," ungkapnya.

Sepanjang semester I/2022, ACC mencatat pembiayaan kendaraan di Jawa Timur dengan amount finance sebesar Rp1,56 triliun dengan jumlah unit finance mencapai 10 ribu unit mobil.

Kepala Wilayah Toyota Astra Finance (TAF), Irwan Raharjo mencatat pembiayaan yang disalurkan oleh TAF memiliki amount finance senilai Rp1,02 triliun di Jawa Timur pada semester pertama tahun 2022. Angka tersebut meningkat 37,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp742,9 miliar. Sedangkan dari sisi jumlah pembiayaan pada semester pertama 2022 mencapai 5.606 unit mobil, meningkat 27,8% dibandingkan periode yang sama 2021 sebesar 4.387 unit.

"Kinerja positif ini selain karena menggeliatnya ekonomi pasca pandemi dan membaiknya pasar otomotif di Tanah Air, juga digitalisasi yang dilakukan perusahaan. Ini membuat layanan kian cepat dan mudah, jangkauan lebih luas dan semakin dekat dengan customer," jelasnya.

TAF sendiri terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas proses bisnis seperti mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services. Selain itu, TAF juga bekerja sama dengan ekosistem digital di Astra Financial, seperti kolaborasi TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA dan juga kolaborasi TAF dengan ekosistem digital di ranah dealer.

Kepala Wilayah Asuransi Astra Jawa Timur, Muliawansyah menambahkan, digitalisasi sudah dilakukan oleh Asuransi Astra sejak tahun 2015 yakni aplikasi Garda Mobile Otocare. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan layanan kepada customer seperti terkait pengajuan klaim, hingga melakukan pembelian terhadap segala kebutuhan otomotif.

"Namun layanan offline tetap kami lakukan karena memang layanan asuransi harus tatap muka untuk memperkuat omnichannel. Namun diversifikasi dan inovasi terus kami lakukan untuk memberikan value added ke konsumen," ujarnya.

Sepanjang semester 1 tahun 2022, Asuransi Astra wilayah Jawa Timur mencatat pertumbuhan positif premi bruto sebesar 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Asuransi Astra juga secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution. Dari sisi portfolio, Asuransi Astra menerapkan diversifikasi portfolio. Dari sisi people, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui sertifikasi keahlian.

Promo selama GIIAS Surabaya 2022

Sepanjang gelaran pameran otomotif GIIAS Surabaya 2022, Astra Financial juga menghadirkan beragam promo dan program menarik.

Di ajang GIIAS Surabaya 2022, Astra Financial hadir bersama 9 dari 14 unit bisnisnya. Dari layanan pembiayaan, terdapat FIFGROUP. Astra Credit Companies (ACC), dan Toyota Astra Finance (TAF). Dari sisi asuransi juga diikuti Asuransi Astra dan Astra Life, Tak ketinggalan, layanan keuangan digital Astra Financial pun turut hadir memeriahkan GIIAS, yaitu AstraPay, Maucash, Moxa, dan SEVA.

ACC berkolaborasi dengan TAF menawarkan bunga mulai 0,77% untuk tenor 1 tahun dan bebas biaya admin, serta bunga sebesar 2,77% untuk tenor 2 dan tenor 3 tahun, 3,77% untuk tenor 4 tahun, dan 4,77% untuk tenor 5 tahun untuk pembelian mobil.

FIFGROUP menawarkan promo DP ringan sebesar Rp1 juta ataupun program hemat angsuran hingga Rp10 juta untuk pembelian motor Honda tipe ADV160 dan CB150X, DP 8% untuk Type Reguler dan DP 15% berlaku untuk tipe sepeda motor Big Bike (500cc keatas). Ada juga cashback saldo AstraPay senilai Rp1 juta (motor Big Bike) dan Rp500.000 (non Big Bike) untuk pelanggan repeat order FIFASTRA.

Asuransi Astra juga memberikan hadiah langsung untuk 25 SPK berupa asuransi perlindungan kecelakaan diri Garda Me Micro. Selain itu juga pengunjung berkesempatan mendapatkan 7 asuransi Garda Healthtech dan perluasan Jaminan Tanggung Jawab Hukum (TJH) melalui program lucky dip. kbc7

Bagikan artikel ini: