Rapid test kini bisa deteksi Covid-19 dan flu sekaligus

Senin, 12 September 2022 | 09:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Rapid test atau tes cepat terbaru diklaim dapat mendeteksi flu dan Covid-19 sekaligus dalam beberapa menit. Alat ini sudah bisa mulai digunakan di Australia. Therapeutic Goods Administration (TGA) Australia telah menyetujui dua alat uji yang mampu mendeteksi kedua patogen pada satu alat.

"Ini bisa membedakan antara Covid-19 dan juga flu, jenis utamanya adalah influenza A/B," kata Steve Quinlin dari Touch Biotechnology, dikutip dari 9News.au, Minggu (11/9/2022).

Satu paket kit pengujian, dibanderol seharga 15 dolar Australia. Alat ini akan bisa dipesan secara online atau dibeli di supermarket dan apotek dalam beberapa pekan ke depan.

"Kami memiliki akurasi lebih dari 98% sehingga sangat tinggi. Pengguna bisa sangat yakin akan hasil tesnya dan nyaman melakukan tes ini," kata Quinlin.

Meskipun belum disetarakan dengan standar emas (gold standard), para ahli PCR mengatakan akurasinya merupakan perkembangan besar.

"Mampu menguji secara akurat dan cepat untuk flu dan Covid19 adalah kemajuan besar, penting bagi pengguna rumah tangga, tempat kerja, hingga pusat perawatan lanjut usia terutama," kata pakar penyakit menular Profesor Robert Booy.

Sebagai bagian dari persyaratan persetujuan, TGA mengharuskan pemasok untuk menyediakan data kualitas dan kinerja yang berkelanjutan.

Kit ini juga akan menjalani pengujian independen di dua laboratorium termasuk Peter Doherty Institute di Melbourne.

"Apa yang benar-benar penting ketika Anda mendapatkan tes baru adalah Anda memeriksa apakah alat itu berfungsi dengan baik, dan menemukan apa yang dimaksudkan," kata Booy. kbc10

Bagikan artikel ini: