DPW Partai NasDem Jatim bedah orasi ilmiah gelar Doktor Honoris Causa Surya Paloh

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 20:12 WIB ET
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya saat orasi ilmiah gelar Doktor Honoris Causa Surya Paloh di Surabaya.
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya saat orasi ilmiah gelar Doktor Honoris Causa Surya Paloh di Surabaya.

SURABAYA, kabarbisnis.com: DPW Partai NasDem Jawa Timur menggelar acara seminar bedah orasi ilmiah bertajuk 'Meneguhkan Kembali Politik Kebangsaan' dari promovendus Doktor Kehormatan (Honoris Causa) Surya Dharma Paloh.

Kegiatan yang berlangsung di restoran Makan Time, Jalan Pregolan, Surabaya, Jumat (26/8/2022) itu dihadiri generasi muda/mahasiswa, tokoh masyarakat, para calon legislatif (caleg) serta masyarakat umum. Sementara sebagai nara sumber yakni Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya, dan dimoderatori Dr Suko Widodo, dosen komunikasi dari Universitas Airlangga.

"Membedah buku itu sudah biasa. Tapi membedah orasi ilmiah atau pidato itu merupakan hal baru. Membedah orasi ilmiah gelar Doktor Honoris Causa Pak Surya Paloh ini untuk membuka cakrawala bagi masyakarat, khususnya masyarakat politik," ujar Willy Aditya di sela acara.

Willy menambahkan, pidato politik itu suatu yang istimmewa. Dengan pidato politik, bisa merubah dunia. Dia mencontohkan pidato politik mulai dari tokoh Bung Karno dan Bung Hatta (proklamator bangsa Indonesia), pidato politik George Washington-salah satu bapak pendiri Amerika Serikat, dan tokoh-tokoh politik dari belahan dunia lainnya.

"Bagaimana literasi di tengah dunia medsos (media sosial). Teks orasi ilmiah dapat diperdebatkan dan diuji publik. Bedah orasi ini memberikan edukasi kepada masyarakat dan tidak terjadi disinformasi karena mendapatkan informasi sepotong-sepotong," ujarnya.

"Dengan kegiatan bedah orasi ini, maka apa yang menjadi pokok pikiran kenapa pidato ini lahir bisa didiskusikan, sehingga bisa menjadi benar-benar menjadi sebuah dialog yang saling isi-mengisi," tambah alumnus filsafat Universitas Gajah Mada (UGM) ini.

Di orasi ilmiah Surya Paloh, lanjut dia, politik kebangsaan menjadi high politic atau politik kelas tinggi. Sedangkan, politik elektoral adalah low politic atau politik rendahan.

Willy mengatakan, politik elektoral yang mengutamakan kepentingan melekat pada dirinya atau kelompoknya yang semata-mata urusan pemilu. Politik yang menggunakan nalar dan nafsu binatang. Ekspresinya dalam politik adalah perang. Dan melahirkan residu, melahirkan perselisihan, kebencian hingga pertikian.

Sedangkan politik kebangsaan yakni, politik yang mengarusutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau kelompok politik.

"Bagaimana bicara politik untuk kemaslahatan bersama, untuk publik, nasionalisme kita, itu hampir tak tersentuh. Jadi (orasi ilmiah) Pak Surya Paloh ini otokritik terhadap lembaga-lembaga politik, terhadap masyarakat politik," katanya.

"Ayo kita bersama-sama untuk mengembalikan khittah, politik tidak semata-mata hanya urusan merebut kekuasan, mempertahankan kekuasaan. Tapi bagaimana membangun ruang publik bersama. Itu hal yang paling pokok. Karena tujuan dari politik itu kan mensejahterakan, membahagiakan masyarakat dan itu juga ada di dalam Undang-Undang Dasar (1945) kita," jelasnya.

Bedah orasi ilmiah ini tidak hanya digelar di Kota Surabaya. Sebelumnya, bedah orasi ilmiah sudah digelar di Madiun, Kediri. Sedangkan Sabtu besok, bedah orasi ilmiah Dr (H.C.) Surya Paloh akan digelar di Kabupaten Jember.

Sebelumnya, Surya Dharma Paloh menerima penganugerahan Doktor Honoris Causa di kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Senin (25/7/2022). Ketua Umum DPP Partai NasDem ini menjadi orang pertama yang meraih gelar Doktor Honoris Causa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UB Malang. kbc7

Bagikan artikel ini: