Implementasi Euro4, ini komitmen layanan purna jual Isuzu

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:18 WIB ET

TANGERANG, kabarbisnis.com: Penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia telah diterapkan sejak 12 April 2022. Cara ini dilakukan pemerintah sebagai bentuk peralihan batas emisi kendaraan diesel yang sebelumnya Euro 2 kini menjadi Euro4. Namun, salah satu kekhawatiran konsumen, yaitu mengenai bahan bakar, perawatan berkala, hingga ketersediaan spare part.

Melihat kondisi itu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memastikan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada customer mengenai layanan purna jual agar pemilik kendaraan Isuzu tetap merasa aman dan nyaman.

Technical Product Support General Manager PT IAMI, Beny Dwyanto mengatakan, sejauh ini Isuzu sudah memberikan solusi layanan purna jual kepada konsumen dengan menghadirkan sejumlah program. Bahkan, program tersebut juga sudah menjangkau konsumen hingga ke daerah pelosok-pelosok di Indonesia.

Beny melanjutkan, untuk bisa melayani customer-customer Isuzu yang berada di remote area, yang lokasi operasionalnya jauh dari Outlet Isuzu, Isuzu mengembangkan channel after sales-nya melalui kerjasama dengan partshop-partshop dan bengkel umum yang ada di daerah sehingga customer mudah ketika perlu layanan after sales Isuzu.

"Bengkel umum yang dilibatkan sebagai mitra juga sudah diberikan pelatihan serta beberapa tools basic untuk perawatan kendaraan Isuzu sehingga bisa melayani customer lebih baik, kerja sama dengan channel after sales ini dilakukan baik di pulau Jawa maupun luar Jawa," ujar Beny dalam keterngan tertulis, Jumat (12/8/2022).

Sementara itu, Customer & Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan customer yang mayoritas B2B di mana dapat beroperasi 24 jam non-stop dan pelayanan perbaikan diluar jam kerja atau di hari libur, Isuzu menyediakan layanan Astra Isuzu Mobile Command Center Whatsapp yang dapat digunakan untuk memesan layanan Bengkel Isuzu Berjalan yang dapat melayani perbaikan darurat di jalan kapan pun dibutuhkan.

"Kami juga memiliki Field Advisor Isuzu standbyReady on call 24/7 yang siap untuk membantu menyelesaikan perbaikan kendaraan dalamkondisi apapun dan kapanpun," tutur Heri Wasesa.

Selanjutnya, untuk kebutuhan pasar di segmen mining, plantation serta oil & gas, Isuzu juga menyediakan layanan purna jual seperti ketersediaan mekanik melalui program mechanic on site yang juga dibekali special tools Isuzu, Diagnostic Service System (GIDSS), yang dapat membantu menganalisa kondisi kendaraan secara cepat dan akurat.

"Termasuk didukung dengan mekanik tersertifikasi, khususnya mekanik-mekanik ini bekerja secara efektif, menemukan dan menganalisa problem breakdown yang dihadapi, sehingga penanganan/perbaikan kendaraan bisa dilakukan secara efektif dan efisien, langsung pada root couse yang ditemukan oleh hasil output GIDSS analytics," tutur dia.

Branch Operation Head PT Bina Pertiwi, Aditya Mianto Cahyono mengatakan, selama ini sudah menggunakan truk Isuzu dan terbukti kehandalannya di segala medan khususnya di wilayah PT Freeport Indonesia. Bahkan dari sisi pelayanan after sales servise juga berjalan dengan baik.

Perusahaan sudah bekerjasama dengan Isuzu melalui Full Maintenance Contract yang menempatkan dua teknisi untuk memberikan layanan servis yang terbaik kepada unit, sehingga performa kendaraan tetap terjaga dengan baik.

"Tim Isuzu juga mampu menyediakan dan memenuhi kritikal-kritikal part yang memang kami butuhkan dalam waktu cepat," tutur Aditya.

Isuzu juga memiliki program-program tambahan yang dapat meningkatkan nilai terhadap bisnis customer. Pertama program santunan supir di mana dapat membantu memberikan santunan hingga Rp 20 juta kepada supir yang mengalami kecelakaan bahkan jika sedang tidak menggunakan kendaraan Isuzu.

"Untuk membantu customer dalam merawat dan mencegah kerusakan pada unit customer, kami juga memberikan layanan training mekanik dan safety driving untuk supir)," tambah Heri. kbc7

Bagikan artikel ini: