Menikmati liburan aman dan nyaman dengan armada bus travel

Jum'at, 15 Juli 2022 | 13:17 WIB ET

LIBURAN tak selalu identik dengan bepergian ke tempat wisata yang letaknya jauh dari tempat tinggal Anda. Kini, banyak alternatif liburan yang bisa Anda nikmati tanpa harus bepergian terlalu jauh, khususnya jika lokasi tempat tinggal Anda dekat dengan destinasi wisata. Jika Anda berdomisili di Surabaya, maka Anda dapat mengandalkan bus travel Surabaya-Bali untuk berlibur ke Pulau Dewata.

Proses pemesanan tiket bus travel Surabaya-Bali maupun destinasi lainnya kini bisa dilakukan secara praktis melalui Traveloka. Sebagai Online Travel Agent (OTA) terpercaya di Tanah Air, Traveloka berkomitmen memfasilitasi perjalanan Anda dengan akomodasi terbaik.

Anda berkesempatan mendapatkan tiket bus travel dengan harga terjangkau bila melakukan reservasi melalui aplikasi atau website Traveloka. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan informasi tentang kota asal dan tujuan, jumlah penumpang, dan tanggal keberangkatan untuk memperoleh referensi bus travel terbaik yang Anda butuhkan.

Tak perlu khawatir dengan rencana perjalanan liburan dengan bus travel untuk pertama kalinya. Perjalanan tersebut akan berlangsung aman dan nyaman jika Anda memperhatikan beberapa tips penting berikut ini:

Mencari Info Rute Perjalanan secara Cermat

Hal pertama yang patut Anda lakukan saat ingin berlibur naik bus travel adalah mencari info rute perjalanan secara cermat. Usahakan memilih destinasi bus travel yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan tempat tujuan Anda. Meskipun sederhana, tips ini terbilang penting supaya Anda tidak kerepotan menempuh perjalanan jauh setelah sampai di kota tujuan.

Memilih Armada Bus Travel dengan Fasilitas Terbaik

Pertimbangan selanjutnya yang perlu diperhatikan saat liburan naik bus travel yaitu fasilitas yang tersedia. Saat ini, semua bus travel sudah dilengkapi Air Conditioner (AC). Jadi, Anda tinggal mempertimbangkan fasilitas lainnya seperti bantal, stop kontak, kursi recliner dan makanan.

Semakin jauh jarak tempuh Anda menuju destinasi liburan, maka semakin banyak pula fasilitas bus travel yang Anda butuhkan untuk menunjang kenyamanan selama perjalanan berlangsung.

Prioritaskan PerusahaanOtobus (PO) yang Reputasinya Terpercaya

Jangan mudah tergiur dengan harga tiket murah saat memilih bus travel untuk liburan. Alangkah lebih baik jika Anda memilih PO yang reputasinya terbukti baik selama puluhan tahun agar Anda mendapatkan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik.

Anda tak perlu bingung mencari PO Bus terbaik sebab Traveloka sudah memfasilitasinya untuk Anda. Beberapa PO Bus besar rute Surabaya-Bali yang bekerja sama dengan Traveloka, antara lain Restu Mulya, Titian Mas, Gunung Harta, dan Tiara Mas.

Memilih Posisi Tempat Duduk Paling Nyaman

Posisi tempat duduk paling nyaman dalam bus travel terletak di bagian tengah. Biasanya bagian tersebut lebih minim guncangan sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan tidak rentan mengalami mabuk perjalanan. Sebaiknya, Anda menghindari posisi tempat duduk di bagian belakang karena pergerakan roda bus membuat posisi tersebut rentan guncangan.

Di samping itu, Anda juga bisa memilih posisi tempat duduk tepat di samping jendela untuk mengurangi kebosanan ketika menempuh perjalanan jauh. Duduk di samping jendela membuat Anda berkesempatan menikmati pemandangan atau hembusan angin segar (jika kaca jendela bisa dibuka).

Mengangkut Barang Bawaan Secara Teliti

Tas dan koper yang ukurannya tidak terlalu besar dapat disimpan di kabin bus. Namun, tidak demikian halnya dengan koper besar. Biasanya bus travel menyediakan fasilitas berupa bagasi besar pada bagian bawah bus. Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut tetapi jangan lalai mengawasi barang bawaan secara teliti. Pastikan kalau barang bawaan Anda tidak tertinggal atau terbawa penumpang lain hingga Anda tiba di tempat tujuan.

Membawa Barang-Barang Penting yang Dibutuhkan

Berlibur naik bus travel membuat Anda mesti lebih teliti menyiapkan barang-barang penting, antara lain:

  • Makanan ringan dan minuman
  • Pakaian yang nyaman dan jaket untuk mengatasi rasa dingin
  • Perlengkapan kebersihan pribadi seperti masker, hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering
  • Power bank
  • Uang receh
  • Obat-obatan pribadi, terutama obat mabuk jika Anda memiliki riwayat mabuk perjalanan.

Pastikan kalau tak ada barang apapun yang luput dari perhatian sesaat sebelum Anda menempuh perjalanan liburan naik bus travel.

Mempersiapkan Perjalanan Secara Tepat Waktu

Satu hal penting lagi yang membuat perjalanan liburan naik bus travel jadi menyenangkan adalah mempersiapkan perjalanan secara tepat waktu. Tak ada salahnya jika Anda datang lebih awal ke terminal atau pool bus supaya tidak perlu tergesa-gesa naik ke bus yang hendak berangkat.

Datang lebih awal membuat Anda berkesempatan menata barang bawaan dengan baik agar tidak tertinggal atau terpisah satu sama lain. Selain itu, Anda juga bisa beradaptasi dengan suasana bus travel jika datang lebih awal sebelum waktu keberangkatan tiba.

Nah, jangan ragu mewujudkan rencana liburan jarak dekat dengan mengandalkan akomodasi bus travel persembahan Traveloka. Pengalaman liburan pasti lebih aman dan nyaman jika Traveloka selalu jadi andalan Anda.

Bagikan artikel ini: