Masa depan industri Metaverse RI cerah, Indodax siap bantu edukasi masyarakat

Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Masa depan industri Metaverse di Indonesia dinilai cukup cerah, seiring dengan kian digandrunginya Metaverse oleh masyarakat. Apalagi, keberadaan teknologi blockchain tersebut juga didukung oleh pemerintah.

Di Indonesia, industri Metaverse telah menjadi salah satu aset yang populer. Sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi Metaverse untuk aset investasi.

Masa depan industri Metaverse ini juga didukung oleh kehadiran perusahaan-perusahaan lokal yang merambah ke dunia virtual. Ditambah juga dengan pemerintah yang mulai memanfaatkan industri Metaverse ini sebagai terobosan baru.

Salah satu perusahaan indonesia crypto exchange asli Indonesia, Indodax dalam hal ini mendukung keberadaan Metaverse.

CEO Indodax Oscar Dermawan juga menyambut baik hal tersebut. Dia menilai, sebagai salah satu pelaku industri di Indonesia, Metaverse menjadi isu penting yang akan memberikan peluang untuk kemajuan teknologi di dalam negeri.

"Kami siap memanfaatkan peluang ini. Ada banyak hal yang siap kami lakukan untuk menyambut baik," kata Oscar Dermawan.

Menurut CEO Indodax ini, bentuk dukungan yang diberikan tersebut berupa mengedukasi masyarakat mengenai blockchain sebagai teknologi yang mendukung masa depan metaverse di Indonesia.

"Kami siap mengedukasi mengenai blockchain sebagai teknologi yang mensupport hal tersebut dan tentunya edukasi mengenai Metaverse," jelasnya.

Sebagai pendiri platform crypto exchange asli Indonesia, Oscar juga yakin bahwa developer blockchain lainnya juga siap untuk mengembangkan metaverse sesuai arahan dari pemerintah.

Dia juga berharap agar pemerintah menentukan road map dan stimulus lainnya untuk dukungan terhadap metaverse ini.

Pihaknya juga siap untuk berkolaborasi dengan pihak manapun untuk membangun, mengembangkan dan mengokohkan ekosistem ini.

"Indodax mendukung dengan memberikan edukasi kepada masyarakat awam seperti apa yang sudah Indodax lakukan selama ini di Indodax Academy. Kami juga berharap pemerintah bisa sama sama berkolaborasi dan mendukung terlaksananya hal ini dengan memberikan regulasi yang jelas, serta dukungan infrastruktur yang memadai," ungkap Oscar Dermawan.

Oscar menambahkan bahwa blockchain, seperti Metaverse dan NFT memang hal yang sudah lumrah di masyarakat.

Namun akan sangat disayangkan apabila masyarakat hanya mengenal kripto ataupun NFT saja dikarenakan hype nya yang memang terjadi baru-baru ini.

Padahal, menurutnya, dunia kripto ini sangat luas. Masyarakat bisa mengenal teknologi blockchain yang mensupport aktivitas perdagangan kripto, NFT, Metaverse, DeFi yang tentu akan memberikan banyak sekali dampak positif jika dieksplor dan dikembangkan lebih jauh lagi.

Sebagaimana diketahui, Metaverse adalah sebuah teknologi baru yang bisa mengantarkan orang ke dalam dunia virtual. Ini tentu memudahkan banyak orang dan industri, terutama industri kreatif di Tanah Air.

"Karena memang, metaverse ini akan memiliki use case yang bisa berguna untuk berbagai macam industri meskipun saat ini, use case Metaverse yang terkenal baru sebatas di bidang gaming," tuturnya.

Apa itu Metaverse?

Di sisi lain, pengertian Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun untuk saling terhubung antara satu dengan lain. Dalam komunitas virtual ini, orang dapat bertemu, bermain, bekerja bahkan bertransaksi jual beli seperti pada dunia nyata dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Transaksi dalam komunitas virtual ini biasanya menggunakan mata uang kripto sehingga banyak diartikan sebagai pengertian Metaverse kripto.

Secara bahasa metaverse berasal dari kata 'meta' dan 'verse'. Meta berarti 'melampaui' dan verse yang bermakna 'alam semesta'. Secara bahasa ini, Metaverse juga bisa diartikan sebagai ruang yang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat pada dunia nyata.

Sebenarnya, konsep Metaverse sendiri pertama kali dikenalkan pada novel Snow Crash tahun 1992 yang merupakan karya Neal Stephenson. kbc10

Bagikan artikel ini: