Siap-siap! Luhut bakal wajibkan vaksin booster bagi pelaku perjalanan

Jum'at, 24 Juni 2022 | 09:40 WIB ET
Menteri Koordinator Bidang Keratiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Keratiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Keratiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana menjadikan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster sebagai syarat perjalanan. Kebijakan ini akan dilakukan jika pada Juli mendatang, kasus aktif Covid-19 masih terus naik.

"Karena kalau Juli nanti kita belum juga angka ini (kasus aktif Covid-19) masih terus juga naik belum terhenti, kita akan mungkin membuat persyaratan perjalanan itu harus booster, ini demi kita semua. Jadi saya mohon pemahaman kita," kata Luhut dalam acara Lagawi Festival yang disiarkan virtual pada Kamis (23/6/2022).

Dia menuturkan, secara nasional, kasus Covid-19 meningkat akibat masuknya varian BA4 dan Ba5. Kasus aktif 22 Juni menembus 11,3 ribu atau 98 persen lebih rendah dari puncak kasus varian Omicron.

"Nah ini perlu Kita waspadai dengan baik," ujarnya.

Kewaspadaan itu, kata dia, harus ditingkatkan walau keterisian rumah sakit masih rendah atau 96,5 persen lebih rendah dari puncak kasus Omicron. Bed occupancy rate atau BOR bertahan di 1,9 persen. Kemudian, tingkat kematian masih sangat rendah atau 99 persen di bawah puncak kasus omicron.

Angka positif rate pun di bawah standar WHO 5 persen, yaitu 3,3 persen. Meski begitu, Luhut melihat kenaikan kasus Covid-19 terjadi di hampir seluruh dunia, seperti di Amerika.

"Singapura yang dekat dengan kita naik sangat tinggi, Malaysia juga sangat tinggi. Jadi saya mohon kita semua harus disiplin harus mendengarkan arahan pemerintah mengenai ini," ujar dia.

Menurut Luhut, kewaspadaan diperlukan agar negara tidak mengulangi kesalahan yang membuat kasus Covid-19 naik tajam, seperti beberapa waktu lalu. Dia menyarankan masyarakat yang belum menerima vaksin booster segera mendaftarkan diri.

"Ya, kalau Anda mau pingin hidup panjang lagi. Walaupun itu bukan urusan kita, tapi booster ini sudah dibuktikan dia akan banyak membantu untuk mengurangi tekanan dari varian Ba4 dan BA5 tadi," ucap Luhut.

"Jadi saya mohon betul-betul Bapak Ibu sekalian menyebarkan berita ini. Ayo mari kita berbooster ria," tegas Luhut. kbc10

Bagikan artikel ini: