Pengembang CitraLand Vittorio semringah permintaan apartemen di Surabaya kian membaik

Kamis, 9 Juni 2022 | 22:38 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Meski sempat mengalami penurunan daya beli sebagai dampak pandemi Covid-19, pasar properti termasuk hunian vertikal di Surabaya mulai kembali bergairah. Kondisi ini dimanfaatkan kalangan pengembang untuk menggenjot pembangunan proyek dan berinovasi terhadap produknya.

Seperti yang dilakukan pengembang properti Ciputra Group dengan menghadirkan inovasi produk apartemen seiring telah selesainya pembangunan proyek tower Alessandro di superblok CitraLand Vittorio di Surabaya Barat.

Senior Director Ciputra Group, Sutoto Yakobus mengatakan, kondisi pasar apartemen Surabaya dalam beberapa tahun terakhir ini memang cenderung over suplai. Namun sejak pandemi Covid-19, banyak proyek pembangunan apartemen yang terhenti sehingga pasokan apartemen pun tidak bertambah dan semakin berkurang.

"Kemudian setelah pandemi Covid-19 ini melandai, pasar properti mulai bergeliat. Kondisi suplai dan demand apartemen juga sudah lebih baik karena pasokannya berkurang akibat banyak pengembang yang hold proyeknya," ujarnya usai acara Topping Off tower Apartemen Alessandro - CitraLand Vittorio, Kamis (9/6/2022).

Sutoto mengatakan, pasar apartemen yang saat ini mulai membaik juga didorong oleh kondisi suku bunga bank yang masih menarik, meskipun diperkirakan tahun ini akan ada kenaikan bunga.

"Harga apartemen juga akan terdongkrak naik, karena saat ini harga konsumsi juga sudah naik, harga bahan baku konstruksi juga mulai merangkak. Ini membuat harga apartemen yang sekarang ini sangat menarik sebelum nanti ada kenaikan harga," ujarnya.

Associate Director Ciputra Group, Lauw Hendra menambahkan, secara umum pasar apartemen memang kurang angin segar, tetapi ada tantangan tersendiri dalam mengembangkan produk apartemen yakni dengan strategi pemasaran yang inovatif.

"Di saat pasar apartemen lesu karena pandemi, kita perlu menyiasatnya dengan promo yang bisa diterima konsumen. Perlu upaya inovatif untuk mendorong market lebih baik, contohnya promo cara pembayaran DP yang memudahkan pembeli," paparnya.

Hendra mengatakan, mulai membaiknya pasar apartemen saat ini juga dapat dilihat dari tren penjualan proyek apartemen di superblok CitraLand Vittorio tower pertama Alessandro.

"Di semester I/2022 ini penjualan proyek di CotraLand Vittorio bisa mencapai target bahkan lebih baik, ini karena strategi pembayaran DP yang menarik Tapi perkembangan terakhir di CitraLand Vittorio semester I tercapai target lebih baik," imbuhnya.

General Manager CitraLand Vittorio, Indra Purnama mengatakan, pada awal tahun ini, penjualan tower Alessandro baru mencapai 70 persen, tetapi dalam 3 bulan terakhir ini sudah mencapai 75 persen lantaran adanya program promo cara bayar yakni DP 5 persen dan subsidi DP, bahkan bebas biaya KPA.

"Cara bayar ini yang paling diminati, konsumen terbantu, dan suku bunga bank juga sedang bagus. Dengan cara ini harapannya penjualan bisa bagus lagi dan seluruh unit terjual habis," ujarnya.

Indra menambahkan, dalam rangka topping off tower Alessandro, pihaknya meluncurkan dua tipe baru yang hanya terbatas 20 unit. Tipe tersebut yakni tipe super deluxe room (1 bedrrom lebih luas, harga Rp600 jutaan), dan tipe Suits Room (3 bedroom) dengan harga masih di bawah Rp1 miliar.

"Ini adalah unit-unit spesial yang tersisa. Jika penjualan tower ini sudah sampai minimal 85 persen, kita akan lanjutkan ke proyek berikutnya tower kedua di Citraland Vittorio," imbuh Indra.

Marketing Manager CitraLand Vittorio, Febiaty menjelaskan, pihaknya juga tengah menggelar promo, yakni subsidi DP dan bebas biaya-biaya KPA. Bonus fully furnished, free kitchen set plus AC, water heater dan smart home system hingga bonus elektronik. Plus undian berhadiah sepeda motor Yamaha di setiap periode.

"Dan untuk pembelian commercial shop akan rental guarantee atau subsidi usaha hingga Rp 300 juta," bebernya.

Sekadar diketahui, CitraLand Vittorio merupakan superblok pertama dan terbesar di kawasan Wiyung yang dikerjakan di atas lahan 7,5 ha. Ini merupakan proyek kerjasama Ciputra Group dengan PT. Surya Sakti Propertindo.

Di lokasi ini, akan dibangun sebanyak 11 tower yang mencakup apartemen, office, hotel dan juga lifestyle mall yang dilengkapi dengan supermarket, departement store, retail, bioskop, food and beverage.

Di tower Alessandro sendiri terdiri dari kamar dengan 3 tipe yakni studio, 1 bedroom dan 2 bedroom. Ada juga SOHO dengan 4 tipe, dan unit commercial shop 3 lantai. kbc7

Bagikan artikel ini: