6 Ruas tol bakal uji coba sistem bayar tanpa setop di akhir tahun ini

Kamis, 9 Juni 2022 | 09:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan enam ruas tol menggelar uji coba sistem transaksi nirsentuh (Multi Lane Free Flow/ MLFF) pada Desember 2022.

"Ada Tol Jagorawi, Tol Dalam Kota, Tol Bali Mandara, totalnya ada enam ruas tol," kata Kepala BPJT PUPR Danang Parikesit dalam media briefing di Kementerian PUPR, Selasa (7/6/2022).

Danang menuturkan, implementasi MLFF akan dijalankan secara bertahap sebelum akhirnya gerbang tol akan ditiadakan atau dialihfungsikan.

"Ke depannya, (tol) tanpa gerbang komplikasinya meningkat cukup tinggi sehingga kami mau memastikan proses piloting 6 ruas tol pas uji coba bisa kami laksanakan," jelasnya.

Sebelumnya, BPJT mengumumkan rencana untuk meniadakan gerbang tol seiring penggunaan transaksi tanpa sentuh jalan tol.

BPJT menyebut kebijakan ini bagian dari implementasi tema G20 terkait transformasi digital. Kebijakan itu juga diperkirakan berdampak pada hilangnya antrean mobil di gerbang tol.

"Dalam upaya mendorong dan mewujudkan tema tersebut (transformasi digital), salah satu yang kami soroti sebagai tuan rumah adalah soal transaksi MLF ini yang akan mengubah seluruh pola pikir atau mindset transaksi dari yang awalnya manual menggunakan e-toll kemudian masuk ke ranah teknologi," kata Danang.

Sistem MLFF juga dipercaya dapat memberikan kenyamanan dan pengalaman lebih baik dalam menggunakan jalan tol.

Pasalnya, pengendara dapat menggunakan jalan tol tanpa perlu menginjak rem atau berhenti di gerbang tol. Selain itu, MLFF juga mengurangi kontak fisik dengan alat transaksi tol. kbc10

Bagikan artikel ini: