LPS pertahankan tingkat bunga penjaminan

Rabu, 25 Mei 2022 | 16:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memutuskan untuk mempertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk rupiah dan valuta asing di Bank Umum serta rupiah di Bank Perkreditan Rakyat.

Sehingga, Tingkat Bunga Penjaminan yang berlaku adalah 3,5% untuk rupiah dan 0,25% untuk valuta asing di Bank Umum, serta 6,00% untuk rupiah di BPR.

"Kebijakan ini berlaku dalam seluruh produk simpanan rupiah atau asing, dan bank perkreditan rakyat. Berlaku sejak 28 Mei 2022 sampai dengan 30 September 2022," kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dalam konferensi pers, Rabu (25/5/2022).

Sebelumnya pada hari yang sama rapat Dewan Komisioner LPS menetapkan tingkat bunga penjaminan reguler, tingkat penjaminan bulan ini sesuai ketentuan perundangan yakni minimal 3x dalam setahun.

Keputusan tersebut telah mempertimbangkan dinamika pergerakan suku bunga pasar simpanan Rupiah dan Valas, serta analisa terhadap perkembangan berbagai faktor seperti pemulihan ekonomi, kondisi pasar keuangan, kinerja perbankan khususnya fungsi intermediasi dan prospek likuiditas, serta upaya mendukung sinergi kebijakan untuk stabilitas sistem keuangan. kbc10

Bagikan artikel ini: