Turun ke jalan jelang mudik, Moeldoko pastikan vaksinasi tetap digenjot

Rabu, 27 April 2022 | 15:18 WIB ET

Bandar Lampung - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko menghimbau agar pos-pos operasi mudik lebaran 2022 menyediakan sentra-sentra vaksin bagi para pemudik mengingat situasi pandemi yang belum berakhir. Purnawirawan Jenderal TNI itu pun memastikan upaya vaksinasi dari pemerintah tidak akan kendor karena penurunan jumlah kasus COVID-19 secara nasional.

"Vaksin booster di pos operasi mudik tersedia gratis. Para pemudik sebaiknya di vaksin booster terlebih dahulu karena kita ingin situasi COVID-19 di Indonesia tetap terkendali," kata Moeldoko.

Hal ini disampaikan saat mengecek kesiapan posko mudik dan sentra vaksinasi gratis yang disediakan oleh Polri di kilometer 277 ruas jalan Pematang Panggang, Tol Trans Sumatera Lampung-Palembang, pada Rabu (27/4).

Selain melihat kesiapan sentra vaksinasi, Moeldoko secara langsung menyusuri ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang - Kayu Agung, untuk meninjau penyelesaian perbaikan ruas rusak Jalan Tol Trans Sumatera dan antisipasi kepadatan transportasi saat mudik lebaran.

"Antisipasi mudik di Jalan Tol Trans Sumatera sudah sangat baik. Saya bisa pastikan bahwa semua pihak sudah memastikan kesiapan semua fasilitas penunjang. Termasuk rest area, toilet, dan stasiun pengisian bahan bakar," kata Meoldoko.

Moeldoko juga berdialog dengan para pemudik di Rest Area kilometer 234 untuk menanyakan fasilitas apa yang masih perlu ditingkatkan. Kepala Staf Kepresidenan bahkan meninjau kebersihan toilet dan ketersediaan air di rest area.

Tahun ini, diperkirakan 85 juta pemudik bersiap melakukan mobilisasi. Puncak arus mudik di kawasan Lampung melalui Jalan Tol Trans Sumatera dan Pelabuhan Bakauheni diperkirakan terjadi di tanggal 29 dan 30 April 2022. kbc9

Bagikan artikel ini: