Biar tak terkena pemutusan, yuk cek tagihan listrik

Rabu, 20 April 2022 | 10:26 WIB ET

AGAR tidak mengalami pemutusan aliran listrik sementara, para pengguna listrik dianjurkan melakukan pengecekan tagihan listrik secara rutin setiap bulannya dan membayar tagihan listrik tepat pada waktunya atau jangan sampai melewati batas tenggang yang telah ditentukan oleh PLN.

Cara cek tagihan listrik adalah pengguna dapat melakukannya melalui aplikasi resmi PLN maupun aplikasi tidak resmi yang tersedia di Google Play Store seperti aplikasi BukuWarung.

Saat ini aplikasi BukuWarung sudah dapat melayani pembayaran tagihan listrik atau token listrik. Melalui aplikasi BukuWarung pengguna listrik dapat melakukan pembayaran secara praktis dan gratis tanpa perlu membayar biaya administrasi.

Selain itu PLN juga sudah memberikan kemudahan dalam mengecek tagihan listrik melalui website resmi, aplikasi PLN Mobile, telepon, serta SMS.

Berikut adalah cara cek tagihan listrik:

1. Melalui Website PLN

PLN memberikan kemudahan bagi pengguna untuk cek tagihan listrik yaitu dengan melalui website. Pengguna listrik dapat mengecek tagihan listrik tanpa harus mengunjungi kantor PLN terdekat.

Langkah yang harus dilakukan untuk melakukan cek tagihan listrik melalui website yaitu:

1. Buka http://www.layanan.pln.co.id

2. Ketik "Daftar Akun" di pojok kanan bawah apabila belum terdaftar.

3. Isi data diri (nama pemohon, email aktif, ID pelanggan atau nomor meter, nomor ponsel, kata sandi, dan kode captcha).

4. Klik "Daftar" PLN akan mengirimkan kode verifikasi yang dikirim melalui email.

5. Masukan kode verifikasi.

Setelah terdaftar, pengguna dapat memasukkan alamat email dan password yang sudah dibuat saat pendaftaran. Setelah masuk, sistem akan menampilkan informasi terkait pembayaran dan riwayat pembelian listrik.

2. Melalui aplikasi PLN Mobile

PLN juga memiliki aplikasi yang paling populer yaitu Aplikasi PLN Mobile. Aplikasi resmi PLN ini dapat diunduh dengan mudah di Google Play Store bagi para pengguna Android maupun di App Store bagi para pengguna IOS.

Cara cek tagihan listrik melalui Aplikasi PLN Mobile sebagai berikut:

1. Unduh PLN Mobile di App Store atau Play Store.

2. Buka aplikasi di perangkat Anda.

3. Pilih daftar jika belum terdaftar di aplikasi PLN Mobile.

4. Setelah terdaftar silakan login kemudian pilih menu informasi Tagihan dan Token Listrik.

5. Masukkan nomor meteran bagi pelanggan pasca-bayar

6. Masukkan nomor ID pelanggan bagi pengguna prabayar

7. Pilih "Cari"

8. Kemudian akan ditampilkan status tagihan listrik lengkap dengan nominal yang perlu dibayar.

Bagi pengguna listrik pasca bayar akan muncul nominal tagihan pemakaian. Pengguna listrik dapat memilih tagihan tersebut, kemudian klik tombol "Pilih Tagihan", lalu akan muncul Detail Tagihan dan klik "Lanjutkan Pembayaran". Terakhir, pilihlah metode pembayaran yang diinginkan untuk melakukan pembayaran.

Sedangkan untuk pengguna listrik prabayar dapat melakukan pembelian token melalui menu tersebut, dengan mengeklik tombol "Beli", selanjutnya muncul Detail Token, klik "Lanjutkan Pembayaran", kemudian pilih metode pembayaran yang diinginkan.

3. Melalui telepon

Cara selanjutnya yang paling praktis dan dapat dilakukan oleh semua kalangan adalah dengan cek tagihan listrik melalui telepon. Pengguna listrik hanya perlu menghubungi pihak customer service PLN dan dapat langsung bertanya tentang tagihan listrik atau perihal lainnya.

Berikut langkah-langkah mudah cek tagihan listrik melalui telepon:

1. Para pengguna listrik hanya perlu menekan nomor Call Center PLN yaitu 123

2. Wajib ditambahkan kode area, seperti Jakarta kode areanya 021 sehingga tekan (021) -123.

3. Setelah itu operator akan memberikan petunjuk dan ikuti saja intsruksinya.

Call Center PLN siap memberikan layanan 24 jam sehingga para pengguna listrik yang ingin mengecek tagihan listriknya dapat menelpon di waktu kapan saja. Mengecek tagihan listrik melalui telepon dikenakan tarif panggilan normal sesuai dengan operator seluler yang dipakai maupun yang menggunakan telepon dari rumah.

4. Melalui SMS

Selain melalui aplikasi online, PLN juga menyediakan pengecekan tagihan listrik melalui SMS bagi para pengguna listrik. Ada dua cara untuk layanan SMS tersebut, yang pertama mengecek secara berkelanjutan yang artinya para pengguna listrik akan memperoleh informasi tagihan listrik setiap bulannya dengan berlangganan melalui SMS.

Yang kedua, dapat mengecek tagihan listrik dalam kurun waktu 1 bulan. Cek tagihan listrik melalui SMS PLN ini dikenakan biaya Rp 500/SMS dan belum termasuk pajak 10%.

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS:

A. Cara cek tagihan listrik melalui SMS dengan berlangganan informasi tagihan listrik:

1. Kirim SMS dengan mengetik format PLN (SPASI) ON (SPASI) 12 digit No ID Pelanggan, kirim ke 8123

2. Untuk berhenti langganan ketik PLN (SPASI) OFF (SPASI) 12 digit No ID pelanggan kirim ke 8123

B. Cara cek tagihan listrik melalui SMS per bulan:

Kirim SMS dengan format REK (SPASI) No ID pelanggan, krim ke 8123

Cara yang terakhir mengecek tagihan listrik adalah dengan melalui berbagai marketplace.

Itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengecek tagihan listrik. Dengan diberikannya kemudahan dalam cek tagihan listrik bagi pengguna listrik pascabayar, maka pelanggan PLN bisa memperkirakan secara akurat berapa biaya yang harus dikeluarkan selama sebulan.

Sementara bagi pengguna listrik prabayar, cek tagihan listrik juga berguna untuk melihat riwayat pemakaian listrik dan biaya yang sudah dikeluarkan untuk membeli token pulsa.

Bagikan artikel ini: