Mau beli Twitter, Elon Musk rela rogoh duit Rp617 triliun

Sabtu, 16 April 2022 | 09:33 WIB ET
Elon Musk
Elon Musk

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bos Tesla Elon Musk tengah mengajukan penawaran untuk membeli Twitter. Dirinya mengajukan penawaran Rp617,7 triliun (kurs Rp14.3666 per USD), karena Twitter memiliki potensi luar biasa.

Orang terkaya di dunia ini menawarkan US$54,20 per saham secara tunai atau 54% dari harga penutupan 28 Januari, sehingga nilai penawarannya sebesar US$43 miliar. Adapun saham Twitter melonjak 18% dalam perdagangan pra-pasar.

Musk mengumumkan tawaran tersebut dalam pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada hari ini, setelah menolak kursi dewan potensial di perusahaan. Miliarder, yang juga mengendalikan Tesla Inc, pertama kali mengungkapkan kepemilikan sekitar 9% pada 4 April.

Twitter pun mengatakan, dewannya akan meninjau proposal Elon Muski tersebut dan tanggapan apapun akan menjadi kepentingan terbaik semua pemegang saham Twitter. Demikian dikutip dari Bloomberg, Kamis (14/4/2022).

Kendati demikian, pernyataan Musk membuat saham Tesla turun sekitar 1,5% dalam perdagangan pra-pasar.

Lebih lanjut, tawaran pembelian Twitter oleh Elon Musk menjadi kisah terbaru dalam hubungan Musk yang tidak stabil dengan Twitter.

Eksekutif adalah salah satu penghasut platform yang paling banyak ditonton, sering men-tweet meme dan ejekan ke lebih dari 80 juta pengikut @elonmusk. Dia telah blak-blakan tentang perubahan yang ingin dia pertimbangkan untuk diterapkan di platform media sosial, dan perusahaan menawarinya kursi di dewan setelah pengumuman sahamnya, yang menjadikannya pemegang saham individu terbesar.

Setelah sahamnya menjadi publik, Musk segera mulai menarik sesama pengguna tentang langkah-langkah prospektif, dari mengubah markas besar Twitter San Francisco menjadi tempat penampungan tunawisma dan menambahkan tombol edit untuk tweet hingga memberikan tanda verifikasi otomatis kepada pengguna premium.

Satu tweet menyarankan Twitter mungkin sedang sekarat, mengingat beberapa selebriti dengan jumlah pengikut yang tinggi jarang men-tweet.

Tidak puas dengan pengaruh yang datang dengan menjadi investor terbesar Twitter, ia kini telah meluncurkan pengambilalihan penuh, salah satu dari sedikit individu yang mampu membelinya langsung. kbc10

Bagikan artikel ini: