Ramadan di Jakarta, nih pilihan tepat untuk ngabuburit

Kamis, 14 April 2022 | 13:07 WIB ET

SALAH satu momen yang paling ditunggu saat menjelang berbuka puasa adalah ngabuburit. Di momen ini orang-orang akan menghabiskan waktu kosongnya menunggu berbuka puasa dengan teman, keluarga, atau kolega. Biasanya mereka mengisi waktu kosong tersebut dengan mencari takjil untuk berbuka puasa. Bagi anak-anak muda momen ini biasanya dimanfaatkan untuk bertemu dengan teman dan sahabat.

Namun, terkadang kebanyakan dari kita akan merasa bosan dengan tempat ngabuburit yang itu-itu saja. Kita ingin mendapatkan suasana ngabuburit berbeda dari tempat yang biasa mereka datangi. Salah satu cara menjawab masalah ini adalah dengan mengunjungi tempat-tempat ngabuburit di daerah lain. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Jakarta.

Tidak susah berkunjung ke Ibu Kota, karena ada banyak moda transportasi yang tersedia, salah satunya bus. Sebagian besar PO bus di pulau Jawa sudah mempunyai trayek ke Jakarta, mulai dari trayek bus Yogyakarta ke Jakarta, Malang ke Jakarta, Semarang ke Jakarta, dan lain sebagainya yang dapat Anda jumpai dan pesan tiket melalui Traveloka.

Ada banyak tempat ngabuburit yang asyik di Jakarta. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat ini bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat ngabuburit asyik di Jakarta:

Pasar Benhil

Mengisi waktu menjelang buka puasa atau ngabuburit memang lebih enak dilakukan di pusat kuliner. Ada banyak pilihan jajanan atau makanan untuk berbuka puasa. Di Jakarta, salah satu pusat kuliner yang cukup populer di saat bulan puasa adalah pasar Benhil atau pasar Bendungan Hilir.

Pasar Benhil sudah sejak lama dikenal sebagai surganya kuliner di saat bulan Ramadhan dan jadi tempat ngabuburit paling favorit di Ibu Kota. Setiap tahunnya ada banyak warga Jakarta yang antre membeli makanan, jajanan, dan minuman di tempat ini.

Pasar Santa

Secara tampilan, pasar Santa memiliki image yang berbeda dengan pasar pada umumnya yang identik dengan becek dan kotor. Pasar Santa justru didesain lebih modern dan bersih. Saking modernnya, pasar ini menjadi tempat nongkrong anak-anak muda Jakarta. Di sini ada banyak yang menjual barang-barang unik. Selain itu, di sini juga sering diadakan even-event menarik. Saat bulan puasa, di pasar Santa juga banyak pedagang takjil atau makanan berat.

Taman Menteng

Tempat ngabuburit favorit lainnya di Jakarta adalah taman Menteng. Ruang terbuka hijau di tengah kota ini memang selalu dipadati oleh pengunjung. Tidak hanya saat bulan puasa, di bulan-bulan lain tempat ini juga ramai pengunjung.

Selain suasananya yang asri, daya tarik dari taman ini adalah rumah kaca yang ada di tengah-tengah taman. Rumah ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk pameran dan pertunjukkan seni. Pengunjung akan semakin betah ngabuburit di tempat ini lantaran di sini tersedia fasilitas WiFi gratis.

Taman Suropati

Berlokasi tidak jauh dari taman Menteng, terdapat sebuah taman asri yang ditumbuhi banyak pohon. Taman tersebut adalah taman Suropati. Suasananya yang asri sangat tepat dijadikan sebagai tempat untuk ngabuburit. Hembusan angin sepoi-sepoi dari pepohonan mampu menyegarkan tubuh dan pikiran setelah seharian beraktivitas. Selain duduk-duduk santai, pengunjung juga bisa melakukan olahraga ringan di tempat ini, seperti jogging dan jalan sehat.

Masjid Istiqlal

Lain dari yang lain, di Jakarta terdapat tempat ngabuburit yang spesial dan banyak didatangi orang. Tempat yang dimaksud adalah Masjid Istiqlal. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, pengunjung bisa memperdalam ilmu agama. Jika waktu berbuka puasa telah masuk, pengunjung bisa ikut berbuka puasa bersama di masjid ini. Masjid Istiqlal selalu menyediakan takjil gratis untuk para pengunjung.

Kawasan Kota Tua

Selanjutnya, tempat ngabuburit di Jakarta yang asyik dan selalu ramai adalah kawasan Kota Tua. Di Kota Tua, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan mendatangi tempat-tempat bersejarah. Selain itu, di sini juga banyak terdapat tempat-tempat yang Instagramable. Jika masuk waktu berbuka, pengunjung bisa berbuka puasa di kafe atau restoran yang ada di sekitar kawasan Kota Tua.

Masjid Sunda Kelapa

Satu lagi tempat ngabuburit yang asyik dan bisa jadi tempat untuk menambah ilmu agama adalah Masjid Sunda Kelapa. Masjid megah ini berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 70an. Biasanya setiap sore di bulan Ramadhan, di Masjid Sunda Kelapa ada kajian yang bisa diikuti oleh siapa pun.

Selain itu, menjelang waktu berbuka, di halaman masjid juga ada bazar yang menjual berbagai kebutuhan, mulai dari baju hingga hidangan takjil tersedia di bazar ini. Untuk berbuka puasa, Masjid Sunda Kelapa juga menyediakan takjil gratis untuk para pengunjung atau jamaah.

Itulah beberapa tempat ngabuburit asyik yang ada di Ibu Kota Jakarta. Tidak hanya sekedar menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa, di tempat-tempat tersebut pengunjung juga bisa mencari hidangan takjil hingga belajar ilmu agama. kbc10

Bagikan artikel ini: