Bantu pemudik, Menhub minta KAI siapkan gerbong pengangkut sepeda motor gratis

Jum'at, 8 April 2022 | 09:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk menyediakan gerbong yang dapat mengangkut sepeda motor.

"Kami instruksikan kepada PT KAI untuk menyediakan gerbong pengangkut motor, dan itu gratis. Jadi yang membeli tiket hanya orangnya saja, motornya gratis," ucap Budi Karya, Kamis (07/4/2022).

Dia juga mengungkapkan, dengan begitu pemudik yang menggunakan sepeda motor bisa beralih menggunakan Kereta Api (KA) jarak jauh untuk pulang ke kampung halaman.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, apabila disediakan angkutan motor gratis dapat menekan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

"Kita ketahui pemudik dengan kendaraan roda dua ini sangat banyak, dan juga tentu mudik dengan sepeda motor memiliki tingkat risiko kecelakaan yang tinggi," ucap Muhadjir.

Maka dari itu, lanjut Muhadjir, dengan adanya angkutan gratis untuk sepeda motor dapat menekan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua untuk mudik dengan keluarga mereka.

Budi Karya juga mengungkapkan, pihaknya juga telah menyiapkan angkutan mudik gratis dan juga kendaraan angkut untuk sepeda motor berupa truk.

"Ini bisa menekan angka pemudik yang menggunakan sepeda motor pada lebaran 2022 mendatang," kata Budi Karya. kbc10

Bagikan artikel ini: