Tahu nggak, Piala Oscar berawal dari obrolan santai pelaku film AS pada 93 tahun lalu

Selasa, 29 Maret 2022 | 09:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Piala Oscar adalah ajang penghargaan dalam dunia perfilman bergengsi yang pertama kali digelar 16 Mei 1929. Pada penyelenggaraan Oscar pertama ini, hanya berlangsung selama 15 menit. Acara ini memegang rekor tersingkat. Kala itu ada 12 kategori yang dibacakan dan kini Piala Oscar 2022 ada 25 kategori.

Tapi tahu kah Anda bagaimana ihwal tercetusnya gelaran bergengsi.insan perfilman dunia itu?

Melansir dari laman history.com, lahirnya Piala Oscar berawal dari kepala studio MGM Louis B. Mayer dan tamu-tamunya ngobrol tentang pembuatan sebuah kelompok yang terorganisir untuk memberi manfaat bagi industri film pada 1927.

Usai pertemuan itu, ada 36 tamu undangan dari berbagai cabang industri film yang mendapat jamuan makan malam di Hotel Ambassador, Los Angeles. Resmi muncul usulan untuk mendirikan Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Presiden pertama yang terpilih adalah Douglas Fairbanks, sampai akhirnya akta pendirian pun dibuat. Dalam ajang bergengsi Piala Oscar ini mulanya hanya ingin memperbaiki citra industri perfliman yang sempat tercoreng, bukan menilai sebuah karya.

Penilaian yang dilakukan pertama kali ialah film-film yang tayang dari periode 1 Agustus 1927 sampai 31 Juli 1928. Saat itu pihak penyelenggara membagikan daftar pemenang penghargaan Piala Oscar kepada media terlebih dahulu, tanpa membocorkannya sampai malam puncak.

Di awal debut ajang bergengsi ini hanya dapat disaksikan oleh penduduk Amerika Serikat saja, tepat pada 1953. Sampai akhirnya pada 1969 seiring perkembangan teknologi, Piala Oscar menjadi siaran internasional. Seketika, jutaan orang di seluruh belahan dunia menyaksikannya.

Pemenang kategori film terbaik pertama di Piala Oscar diraih film berjudul Wings, film bisu tentang pilot perang dunia pertama yang disutradarai William Wellman. Produksi film itu memakan biaya US$2 juta, dan jadi yang termahal pada masanya. kbc10

Bagikan artikel ini: