Laporan keuangan lebih konsisten dan objektif dengan software akuntansi

Jum'at, 25 Maret 2022 | 16:22 WIB ET

PENGGUNAAN aplikasi akuntansi di tengah masyarakat kini seakan telah menjadi kebutuhan. Menurut CEO Harmony Andoko Chandra, hal tersebut berkaitan dengan perubahan pola bisnis.

Menurut Andoko, bisnis saat ini lebih taktis dan ringkas dimana semua teknologi dioptimalkan untuk mempercepat seluruh proses. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan keuangan bisnis membuat software akuntansi begitu dibutuhkan.

"Sekecil apapun bisnis memerlukan laporan keuangan yang jelas. Selama beberapa tahun terakhir, Harmony telah dipilih menjadi mitra bisnis yang memberikan solusi pembukuan yang efektif. Dengan teknologi yang disederhanakan, kami membuat software ini supaya mudah diterapkan ke dalam bermacam-macam bisnis," jelasnya.

Keberadaan software akuntansi dalam dunia kerja-bisnis saat ini tidak dapat dipisahkan sistem manajemen yang diterapkan. Bisnis, dari level berbeda, memerlukan laporan keuangan secara rutin dan valid untuk keberlangsungannya. Dengan menggunakan software, laporan tersedia setiap saat dan dapat diakses tanpa harus menunggu staf akuntansi.

Bagi Pelaku Usaha dan Staf Akuntan

Bagi pelaku usaha kecil-menengah, software accounting dipakai menggantikan kerja manajemen keuangan yang sering ditangani langsung oleh pemilik usaha. Ketepatan dan kecepatan pencatatan serta hasil instan dari laporan keuangan menggunakan software memberi dampak signifikan.

Saat ini, banyak bisnis kecil-menengah yang tidak menggunakan tenaga akuntan profesional. Meskipun hemat biaya, tanpa adanya profesional akuntan membuat pemilik usaha harus menjalankan multi tugas termasuk memonitor laporan keuangan bisnis.

Di lain pihak, beberapa bisnis yang menggunakan staf admin tidak menerima laporan keuangan se-efektif yang diharapkan. Karena keterbatasan teknologi, admin tidak mampu menyediakan data keuangan setiap saat. Apalagi pada perusahaan yang memiliki banyak data transaksi dalam sehari. Untuk meningkatkan kerja admin tersebut, software akuntansi dipakai mengotomasi laporan tertentu yang bersifat rutin.

Itulah mengapa kebutuhan akan software accounting sangat tinggi. Selain lebih praktis (bagi pengusaha yang tidak menggunakan staf admin), juga mendorong kinerja admin/staff akuntansi perusahaan. Jadi, teknologi akuntansi tidak hanya dapat menggantikan posisi admin (bisnis kecil) tetapi juga meningkatkan kualitas kerja admin di perusahaan (bisnis menengah-besar).

Bagi Investor

Pertumbuhan usaha UMKM sering memerlukan investor untuk memperluas bisnis dan sebagainya. Namun, seringkali perusahaan kecil-menengah tidak memiliki laporan keuangan yang komprehensif kepada investor. Padahal, investor memerlukan laporan keuangan yang terperinci sebagai bahan penilaian atas bisnis dan investasinya.

Software akuntansi berbasis cloud dipilih sebagai solusi laporan keuangan kepada investor. Melalui software yang ada, investor melihat hasil laporan real time dari pengusaha. Ini berarti, setiap hari investor bisa mengakses data laporan yang menjadi haknya dari software atau aplikasi yang sama dengan pengusaha.

Software SaaS dari Harmony

Harmony membuat software akuntansi berbasis cloud. Teknologi ini telah disederhanakan supaya mudah diintegrasi ke dalam usaha dan bisnis bermacam level. SaaS atau Software as a Service hanya membutuhkan koneksi  internet untuk menjalankan aplikasi. Perusahaan yang menggunakan software Harmony tidak perlu melakukan perawatan server, penyimpanan data, dan aplikasi.

Software Akuntansi dari Harmony telah menjadi solusi cerdas dan hemat bagi entitas bisnis khususnya bisnis baru go digital. Meskipun software ini menggunakan teknologi cerdas, penerapannya sangat sederhana. Semua segmen pengguna mampu menggunakan sekaligus mengelolah Harmony dengan mudah.

Saat ini software akuntansi Harmony dapat dicoba gratis selama 30 hari. Pengusaha dapat mencoba menggunakan untuk mengukur kehandalan sebelum menerapkan berdasarkan skala kebutuhan. kbc10

Bagikan artikel ini: