Gelaran MotoGP 2022 dongkrak penumpang pesawat Jakarta-Lombok melonjak 155 persen

Rabu, 23 Maret 2022 | 08:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ajang MotoGP Mandalika 2022 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia rupanya berdampak langsung pada sektor penerbangan Tanah Air.

Even yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18 - 20 Maret 2022 tersebut menjadi magnet sektor pariwisata nasional.

Terbukti, lalu lintas penerbangan dari Jakarta ke Lombok misalnya, langsung mengalami lonjakan yang signifikan.

"Lalu lintas penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia ke Bandara Lombok mengalami peningkatan signifikan pada 17 - 20 Maret 2022," kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya, Selasa (22/3/2022).

Dia mengatakan, lalu lintas penerbangan di rute Jakarta - Lombok - Jakarta meningkat hingga 155 persen saat gelaran balapan roda dua itu berlangsung.

Pada 17 - 20 Maret (Kamis - Minggu) atau saat Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung, jumlah pergerakan penumpang pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Lombok dan sebaliknya mencapai hingga 25.017 orang.

Capaian tersebut setara dengan peningkatan sebesar 155 persen dibandingkan dengan Kamis - Minggu pekan sebelumnya yakni tanggal 10 - 13 Maret yang sebanyak 9.790 orang.

Sejalan dengan itu, jumlah pergerakan pesawat juga melonjak drastis dari sebelumnya 68 penerbangan menjadi 215 penerbangan.

Pada periode yang sama yakni 17 - 20 Maret 2022, pergerakan pesawat di rute Jakarta - Bali - Jakarta tercatat 322 penerbangan.

"Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan kelas utamanya MotoGP, menjadi magnet wisatawan dan turut menggairahkan sektor penerbangan," jelasnya.

Awaluddin menegaskan, Bandara Soekarno-Hatta mampu mengakomodir tingginya permintaan penerbangan dari dan ke Bandara Lombok, dengan fokus utama adalah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai regulasi yang diperkuat dengan Biosafety Management dan Biosecurity Management.

Seperti diketahui, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara jangkar di rute domestik, di mana bandara ini juga menjadi tempat transit bagi traveler untuk melanjutkan perjalanan ke kota lainnya termasuk Lombok.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder agar penerbangan dapat berjalan lancar dan mendukung gelaran di Sirkuit Mandalika.

"Bandara Soekarno-Hatta memiliki peran yang sentral. Bandara ini menjadi lokasi pertama bagi sebagian besar pebalap dan official tim tiba di Indonesia, kemudian bertolak ke Lombok. Lalu setelah event di Mandalika selesai, Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan mereka ke luar negeri," ujar Agus Haryadi.

Pada 13 - 15 Maret 2022, Bandara Soekarno-Hatta menyambut kedatangan pebalap dan official tim dari luar negeri. Pelayanan staf bandara saat menyambut kedatangan rombongan pebalap dan tim sempat mendapat pujian.

Salah satu tokoh di ajang balapan roda dua yakni Michael Hill yang terkenal sebagai presenter dan interviewer di paddock mengpresiasi layanan di Bandara Soekarno-Hatta.

Di akun twitternya, dia mengatakan Bandara Soekarno-Hatta memiliki staf yang sangat baik sehingga memberikan pengalaman yang efisien dalam melakukan perjalanan.

"Harus mengatakan 10/10 untuk staf di Bandara Jakarta. 15 menit turun dari pesawat dan saya sudah berada di luggage belt (area pengambilan bagasi). Super efisien," ujarnya.

Kemudian pada 16 Maret 2022, Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan pebalap dan official tim ke Lombok.

Lalu pada 20 Maret 2022, para pebalap dan official tim bertolak ke luar negeri dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta usai mengikuti Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation Abdulbar M. Mansoer menuturkan Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh staf di Bandara Soekarno-Hatta.

"Dorna mengatakan petugas di Bandara Soekarno-Hatta sangat ramah. Selain itu, Dorna juga mengapresiasi adanya area tes PCR yang didedikasikan bagi para pebalap dan official tim," ujar Abdulbar M. Mansoer. kbc10

Bagikan artikel ini: