5 Destinasi wisata Lombok yang wajib dikunjungi selama gelaran MotoGP

Senin, 14 Maret 2022 | 11:01 WIB ET

SEBAGAI warga Indonesia, Anda pastinya familiar dengan pulau Lombok. Pulau ini terletak di kepulauan Nusa Tenggara dan hanya dipisahkan oleh Selat Lombok dengan pulau Bali. Pulau ini menjadi tujuan wisata yang makin populer setelah gelaran MotoGP akan dilaksanakan di area Mandalika.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Lombok, bisa terbang ke pulau ini menggunakan Sriwijaya Air yang tiketnya tersedia di Traveloka.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Lombok, Anda bisa berkeliling menikmati indahnya aneka wisata dengan menyewa mobil, atau bahkan menggunakan taksi resmi yang ada di Lombok. Jika Anda ingin memesan taksi Blue Bird, silahkan pesan Blue Bird online dan nikmati setiap momen liburan dengan mudah dan nyaman. Pesona alam Lombok yang menawan pastinya wajib Anda kunjungi selama menonton gelaran MotoGP di Mandalika.

Lalu tempat apa saja yang bisa Anda kunjungi selama di pulau eksotis ini? Berikut adalah 5 destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke pulau Lombok.

1.Rumah Adat Suku Sasak di Desa Sade

Keindahan aneka ragam budaya indonesia bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke salah satu desa suku Sasak di Lombok. Rumah adat suku Sasak di desa Sade ini masih sangat terawat dan menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Anda bisa bertukar cerita mengenai budaya suku Sasak dengan warga sekitar sembari mengambil foto untuk dijadikan kenang-kenangan.

Desa Sade sendiri terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan dihuni kurang lebih oleh 700 orang. Warga Sade kebanyakan bekerja sebagai petani dan pengrajin tenun. Selain rumah adat dan interaksi dengan warga lokal, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah serta aneka kain tenun yang cantik. Harga kain tenun cukup bervariasi, tergantung ukuran kain serta tingkat kerumitan motif.

2. Gunung Rinjani

Tak hanya mengunjungi desa Sade, banyak wisatawan berkunjung ke Lombok karena ingin mendaki gunung Rinjani. Gunung ini sendiri telah menjadi salah satu ikon paling terkenal dari pulau Lombok. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Gunung Rinjani adalah gunung dengan urutan keenam tertinggi di Indonesia. Gunung ini juga menjadi salah satu tempat yang disucikan bagi umat agama Hindu.

Rinjani memiliki danau kawah berwarna kebiruan yang sangat indah yang diberi nama Segara Anak. Danau Segara Anak terletak di ketinggian 2.000 mdpl. Bagi Anda yang tertarik ingin mendaki gunung Rinjani, maka jalur pendakian favorit adalah jalur Senaru yang cukup mudah untuk didaki.

3. Air Terjun Sendang Gile

Tak hanya danau Segara Anak yang bisa Anda kunjungi saat mendaki gunung Rinjani. Anda juga dapat singgah ke salah satu air terjun terindah di Lombok, yaitu Sendang Gile. Air terjun Sendang Gile ini memiliki dua tingkatan. Untuk tingkatan pertama tinggi air terjun mencapai 60 meter, adapun tingkatan terendah atau tingkat dua memiliki ketinggian 31 meter.

Berhubung air terjun ini ada di kawasan gunung Rinjani, maka Anda yang ingin mengunjungi air terjun ini harus melampaui medan yang cukup berliku-liku sebelum bisa menikmati keindahan air terjun sendang Gile. Jangan khawatir, perjuangan untuk menikmati air terjun ini akan terbayar lunas dengan keindahan panoramanya yang tentunya sangat alami dan menyegarkan.

4. Desa Wisata Banyumulek, terkenal gerabahnya

Selain kain tenun khas lombok, Anda juga bisa membawa gerabah sebagai oleh-oleh asli dari pulau Lombok. Sentra kerajinan gerabah di desa Banyumulek ini sudah berdiri sejak tahun 1990-an. Desa Banyumulek sendiri terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

Kurang lebih 80% penduduk Banyumulek bekerja di industri gerabah. Maka, tak heran apabila kantor pemerintahan di desa ini bahkan dihiasi dengan gerabah besar pada area pagar temboknya. Gerabah dari Desa Banyumulek sendiri sudah merambah hingga pasar luar negeri seperti Eropa hingga New Zealand. Oleh karena itu, sayang sekali apabila Anda melewatkan buah tangan gerabah saat berkunjung ke Lombok.

Anda bisa menemukan aneka gerabah cantik, mulai dari vas bunga, celengan, kap lampu, hiasan dinding, hingga kendil maling di desa ini. Kendil maling sendiri adalah tempat penyimpanan air, namun memiliki leher yang lebih panjang. Adapun lubang untuk memasukkan air ada di bagian bawah, bukan di bagian atas seperti pada umumnya kendi penyimpan air. Bisa dibilang kendil maling ini adalah salah satu gerabah khas dari pulau Lombok.

5. Taman Narmada Lombok

Narmada (dibaca Narmade) merupakan destinasi wisata yang merupakan replikasi dari Gunung Rinjani. Taman ini dibuat oleh Anak Agung Gde Ngurah Karangasem karena beliau sudah tidak kuat mendaki gunung Rinjani untuk ritual berdoa Pujawali, sehingga beliau membuat replika gunung di sebidang tanah berukuran kurang lebih 3 hektar. Taman Narmada sendiri terletak di Desa Lembuak, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat.

Taman Narmada memiliki arti sumber kehidupan. Taman tersebut dibangun pada tahun 1727 sebagai tempat pemujaan dan tempat beristirahat bagi para raja, utamanya di musim kemarau. Taman yang memiliki pemandangan asri ini juga kerap dijadikan tempat bagi upacara keagamaan umat agama Hindu. Wisatawan yang berkunjung ke Taman Narmada bisa mengunjungi Bale Terang yang bentuknya serupa rumah panggung, kemudian Telaga Ageng, Balai Petirtaan, serta Pura Narmada.

Demikian beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama berada di pulau Lombok di sela menikmati even MotoGP di Mandalika. Jangan sampai terlewat satupun ya!

Bagikan artikel ini: