Akselerasi Ekosistem Digital Pertanian, BCA Bekerjasama dengan Kedai Sayur

Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:44 WIB ET

TULUNGAGUNG, kabarbisnis.com: Sektor pertanian menjadi salah satu pendorong perekonomian di Indonesia karena hampir sebagian daerah memiliki lahan pertanian yang luas. Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, Salah satu kendala besar yang dihadapi sektor pertanian adalah ketidakpastian pembeli dan harga saat panen tiba. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai bagian dari sistem keuangan nasional pun mencermati kondisi tersebut sehingga menjalin kerjasama dengan PT Kedai Sayur Indonesia yang telah memiliki “KedaiMart” sebagai on-line grocery platform, menghubungkan langsung hasil dari lahan pertanian kepada pelanggan.

Seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai kerjasama antara PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dengan PT Kedai Sayur Indonesia (KedaiMart) diwakili oleh Kepala KCU Tulungagung Ade Bachtiar dan CEO PT Kedai Sayur Indonesia (KedaiMart) Adrian Hernanto yang dilaksanakan pada Kamis (24/02). Kesepakatan yang disepakati kedua belah pihak adalah KedaiMart akan berperan sebagai offtaker dari hasil panen dengan skema yang akan menguntungkan para petani.

“Sektor pertanian menjadi salah satu penopang pangan nasional yang memerlukan dukungan dari berbagai pihak untuk dapat terus bertahan. BCA pun berkomitmen untuk mendukung sektor pertanian sebagai penggerak perekonomian Indonesia, sekaligus sebagai upaya BCA untuk memperluas pasar di segmen digital. Pada kerjasama ini, BCA berperan dalam menghadirkan layanan cash management sekaligus menyediakan fasilitas kredit dan membantu UMKM petani untuk melakukan onboarding ke platform,” ujar Ade Bachtiar.

Skema kerjasama yang dilaksanakan akan membantu petani Indonesia untuk memasarkan produknya ke seluruh Indonesia. Saat ini, pilot project akan dilaksanakan di Tulungagung, Kediri dan Blitar yang ke depannya juga akan diperluas ke daerah Jawa Timur dan Nasional. BCA berperan sebagai penyedia cash management dan membiayai modal kerja (Kredit KUR dan SME) para petani serta menyediakan kemudahan onboarding.

“Kami menyambut dengan baik kerjasama yang terjalin dengan BCA, melalui kerjasama ini kami yakin banyak petani Indonesia yang akan terbantu. Bank akan lebih yakin dengan adanya pesanan dari kami kepada petani, sebaliknya petani pun akan lebih tenang menanam dengan adanya kepastian beli dan kepastian harga jual dan pesanan dari kami. Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat berlanjut dan memfasilitasi lebih banyak lagi petani yang membutuhkan dukungan bisnis,” ujar Adrian Hernanto.

KedaiMart adalah on-line groceries platform yang memiliki kelengkapan produk untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga Indonesia dengan segala kemudahan melakukan transaksi secara on-line. Para pengusaha kuliner juga telah banyak bergabung ke dalam ekosistem digital Kedai Sayur Indonesia dan menikmati segala kemudahan dalam melakukan pesanan barang, kontrol kualitas sesuai kebutuhan spesifik pelanggan serta ketepatan distribusi ke seluruh outlet mereka.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2021 total penyaluran KUR BCA tercatat sebesar Rp 206 Milyar, meningkat 55% YoY. Adapun sektor yang mendominasi adalah perdagangan dan jasa, perkebunan dan pertanian, serta industri pengolahan.

“Kami optimis kerja sama dengan Kedai Sayur dapat meningkatkan portofolio kredit UMKM BCA ke sector pertanian. Kerja sama ini juga dapat menjadi peluang menarik bagi pelaku sektor pertanian yang menjadi debitur BCA untuk dapat mengembangkan bisnis mereka melalui pinjaman modal yang tidak menyulitkan,” tutup Ade.

Bagikan artikel ini: