Walikota Surabaya apresiasi komitmen KPPU ikut tingkatkan kinerja UMKM

Rabu, 23 Februari 2022 | 16:24 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Walikota Surabaya, Eri Cahyadi menyampaikan apresiasi kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) atas komitmennya ikut mendorong peningkatan kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya.

Apresiasi disampaikan Eri saat menerima Surat Saran KPPU yang diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil IV KPPU Surabaya Dendy R. Sutrisno di Surabaya, Selasa (22/2/2022).

"Saya baik secara pribadi maupun mewakili pemerintah Kota Surabaya, mengucapkan terima kasih kepada KPPU yang telah memberikan tanggapan positif atas surat kami terkait permohonan saran penggunaan produk lokal untuk meningkatkan kelas KUKM di Kota Surabaya," sambut Eri.

Program ini menurut Eri merupakan upaya percepatan pemulihan ekonomi di Surabaya melalui optimalisasi pengembangan usaha yang dilakukan oleh Koperasi Pemasaran Maju Bersama Suroboyo (KPMBS) dalam mendistribusikan hasil produksinya (sepatu) kepada sekolah tingkat SD dan SMP di Surabaya guna penyeragaman sepatu sekolah, khususnya bagi siswa yang berasal dari keluarga dengan kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dalam kesempatan ini, Dendy menyampaikan bahwa pada pokoknya KPPU sangat mendukung keberadaan program percepatan pemulihan perekonomian warga Kota Surabaya, melalui pemanfaatan atau pembelian hasil produksi usaha mikro, kecil dan Koperasi lokal binaan Pemerintah Kota Surabaya.

"Setelah melalui proses review, KPPU (dalam Surat Sarannya) sangat mendukung program Bapak Walikota Surabaya ini, bahkan tidak terbatas pada produk sepatu sekolah saja," jelas Dendy.

Lebih lanjut, KPPU juga mengingatkan perlunya mematuhi ketentuan pengadaan yang berlaku, memperhatikan kepentingan konsumen dan evaluasi berkala terhadap pelaksanaan program dimaksud.

"Tentu saja kami berharap Pemerintah Kota Surabaya juga tetap menggunakan Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPlah) yang merupakan mekanisme pengadaan yang saat ini berlaku di lingkup sekolah, serta memperhatikan kualitas produk dan secara berkala melakukan evaluasi untuk mengukur efektivitas pelaksanaan program ini terhadap pemberdayaan usaha kecil," tutup Dendy.kbc6

Bagikan artikel ini: