Penjualan mobil Suzuki di 2021 naik 23,8%, tiga model ini jadi penopangnya

Rabu, 23 Februari 2022 | 09:21 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Meski perekonomian global masih diselimuti pandemi Covid-19, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2021.

Tercatat wholesales (pengiriman pabrikan ke diler) mobil Suzuki tahun 2021 naik sebesar 38.8% dan retail sales (pengiriman dari diler ke konsumen) naik sebesar 23,8%.

New Carry Pick Up sebagai Rajanya Pick Up dan backbone di segmen kendaraan komersial Suzuki, menjadi kontributor utama dalam penjualan mobil Suzuki Indonesia sepanjang tahun 2021. Selain kendaraan komersial, tren penjualan yang positif juga didukung oleh kendaraan penumpang antara lain XL7 dan All New Ertiga.

4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra menuturkan, catatan penjualan yang positif sepanjang 2021 tidak lepas dari peningkatan kualitas produk, purna jual dan layanan yang terus dilakukan Suzuki Indonesia.

"Kami mengapresiasi para pelanggan setia Suzuki hingga kami berhasil mencatatkan peningkatan pada pembukuan penjualan nasional kami. Peningkatan ini merupakan salah satu dampak positif dari upaya Suzuki dalam menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, meningkatkan kualitas produk, purna jual dan pelayanan, serta kesetiaan pelanggan terhadap kendaraan penumpang maupun komersil yang dimiliki Suzuki Indonesia," kata Donny dalam siaran pers, Selasa (22/2/2022).

New Carry Pick Up yang mengusung keunggulan I.L.M.U (Irit bensin dan perawatannya, Lama Umur Pakainya, Muatnya banyak, Untung di ujung) menjadi kontributor utama yang berkontribusi sebesar 58% secara wholesales maupun retail sales. Adanya peluncuran New Carry Pick Up terbaru pada Januari 2021 dengan berbagai pengembangan, adalah salah satu alasan pendorong mengapa "Rajanya Pick-Up" ini menjadi kontributor utama penjualan Suzuki selama setahun penuh.

Selain kendaraan komersial, XL7 "The New Extraordinary SUV" menduduki posisi sebagai kontributor terbesar kedua dengan kontribusi 18% untuk wholesales dan 16% untuk retail sales dalam penjualan nasional Suzuki. Sejak pertama diluncurkan tahun 2020, XL7 hingga saat ini terus memberikan dampak positif terhadap penjualan Suzuki Indonesia dan menjadi salah satu backbone penjualan.

Selain keberhasilan XL7, All New Ertiga juga berkontribusi terhadap penjualan Suzuki. Memiliki tampilan eksterior yang kini lebih eksklusif, kabin luas dan nyaman, dilengkapi berbagai fitur dan fasilitas penunjang keselamatan, mobil "Kebanggan Keluarga Indonesia" ini menyumbang 12% terhadap wholesales dan 13% terhadap retail sales, sehingga membuat membuat All New Ertiga masuk ke dalam 3 mobil kontributor tertinggi pada penjualan Suzuki di tahun 2021.

Dikatakan Donny, peningkatan yang dialami oleh XL7 dan All New Ertiga tersebut tidak terlepas dari pengaruh kebijakan relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) yang diterapkan oleh pemerintah di tahun 2021 lalu. Sebagai model mobil Suzuki yang memenuhi persyaratan seperti kapasitas mesin maksimal 1.500cc dan kandungan lokal minimal 60% memberikan keuntungan bagi konsumen dimana mereka dapat merasakan keuntungan berupa potongan pajak ketika membeli mobil Suzuki.

"Suzuki sudah lebih dari 50 tahun hadir bersama masyarakat Indonesia. Kepercayaan masyarakat akan produk Suzuki tentu memotivasi kami untuk terus menghadirkan kendaraan produksi dalam negeri yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan dengan kualitas berstandar global. Selain fokus pada pengembangan produk, kami juga akan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang Suzuki berikan," pungkas Donny. kbc7

Bagikan artikel ini: