Rayakan Imlek 2022, Google Doodle bikin efek unik saat ketikkan kata ini

Selasa, 1 Februari 2022 | 09:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Google Doodle ikut menyemarakkan Tahun Baru China atau Imlek 2022 dengan menghadirkan animasi lucu dan memberikan efek unik di halaman depan mesin pencariannya.

Saat pengguna masuk ke halaman depan Google akan disambut dengan animasi dengan nuansa Imlek bergambar macan yang sedang memainkan bunga sakura dan kincir. Kemudian, dia memakan dumpling yang ada di depannya.

Pada animasi Google Doodle edisi Imlek ini pengguna bisa melihat berbagai aksesoris yang biasa ada dalam Tahun Baru China, seperti lampion, angpao, bunga, dan hiasan lainnya yang didominasi warna merah.

Setelah Anda mengklik Google Doodle pada halaman depan, maka kamu akan diarahkan ke artikel seputar Imlek atau Tahun Baru China.

Artikel pertama yang muncul berisi tentang penjelasan Hari Raya Imlek dan berbagai perayaannya di tiap negara.

Menariknya lagi, saat pengguna memasukkan kata yang berhubungan dengan Imlek, seperti "Imlek 2022", "Lunar New Year" atau "Chinese New Year 2022" maka Google akan menampilkan efek kembang api berbentuk kepala macan di hasil penelusurannya.

Efek unik di mesin pencari Google ini bisa dijumpai pengguna baik lewat browser di desktop maupun mobile web.

Perayaan Imlek ke-2573 yang jatuh pada hari ini, 1 Februari 2022, merupakan pergantian tahun Kerbau Logam atau Kerbau Emas ke Macan Air.

Melansir Harpers Bazar, Tahun Macan Air memiliki arti keberanian. Seseorang dengan shio Macan akan menemukan keberanian di setiap langkahnya tahun ini.

Macan dikenal karena kekuatan, keberanian, dan kemampuannya untuk melakukan segalanya dalam skala besar.

Sementara, Air di tahun ini memiliki arti kepekaan, kreativitas, dan keterbukaan terhadap perubahan. Air merupakan kekuatan alam yang kuat, bahkan bisa menaklukkan api. Air juga bisa melewati rintangan apapun yang menghalangi jalannya.

Dalam feng shui, Tahun Macan Air akan menjadi tahun perubahan yang menandakan situasi bisa berubah dengan cepat.

Lalu, Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili adalah "Seorang Junzi (Insan Beriman dan Berbudi) Hidup dalam Tengah Sempurna, Xiaoren (Manusia Rendah Budi) Hidup Menentang Tengah Sempurna".

Tema yang diambil dari ayat suci kitab Khonghucu ini, menganjurkan agar semua masyarakat taat menjalankan ajaran agama dengan menjadi umat manusia dan warga negara yang baik.

Perayaan Imlek tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya. Kondisi Indonesia yang masih dalam pandemi Covid-19, maka pemerintah mengimbau perayaan Imlek dilaksanakan secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan. kbc10

Bagikan artikel ini: